Terpidana Mati, Penyelundup 1,2 Ton Sabu-Sabu Tempati Lapas Karanganyar

Dua terpidana mati kasus penyelundupan 1,2 ton sabu-sabu di Aceh Barat menempati sel dengan sistem pengamanan supermaksimum di Lapas Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Kamis (13/1/2022).

 Petugas bersiap memindahkan dua terpidana mati kasus narkotika ke lapas supermaksimum di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Antara)

SOLOPOS.COM - Petugas bersiap memindahkan dua terpidana mati kasus narkotika ke lapas supermaksimum di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO — Dua terpidana mati kasus penyelundupan 1,2 ton sabu-sabu di Aceh Barat telah menempati sel dengan sistem pengamanan supermaksimum di Lapas Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Kamis (13/1/2022).

Dua terpidana mati itu, Okonkwo Nonso Kingleys dan Aris Wandi bin Muhammad Hasan. Mereka baru dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Jakarta ke Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

PromosiKantor Pos Gladak Pernah Sengaja Dibakar Atas Perintah Slamet Riyadi

“Dua terpidana mati kasus narkoba itu Okonkwo Nonso Kingleys, warga negara Nigeria dan Aris Wandi bin Muhammad Hasan,” kata Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Jalu Yuswa Panjang, saat dihubungi dari Purwokerto, seperti dilansir Antara, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga : Jalani Karantina Karena Covid-19, Ashanty Rindu Anak dan Pekerjaan

Ia mengatakan dua terpidana mati tersebut tiba di Nusakambangan pada Kamis dengan pengawalan ketat personel lapas dan Polri. Sesampainya di Nusakambangan, mereka langsung dibawa ke Lapas Karanganyar yang menerapkan sistem pengamanan supermaksimum.

“Lapas Karanganyar diperuntukkan warga binaan pemasyarakatan berisiko tinggi sehingga pengamanan yang dilakukan supermaksimum, yakni one man one cell [satu orang dalam satu sel],” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memindahkan dua terpidana mati kasus narkotika ke lapas supermaksimum Nusakambangan.

Baca Juga : Sekte Baru Makan Mi Instan Pakai Es Krim, Katanya Creamy dan Wangi

“Kami telah memindahkan dua narapidana kategori bandar. Keduanya terpidana mati,” kata Kepala Lapas Narkotika Jakarta, Bayu Irsahara, melalui keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Bayu mengatakan pemindahan narapidana bandar sabu-sabu itu merupakan salah satu bentuk komitmen Direktur Jenderal Pemasyarakatan beserta jajaran dalam memutus mata rantai peredaran narkoba di dalam lapas dan rutan.

Ia juga mengklaim pemindahan dua terpidana mati ke lapas supermaksimum di Nusakambangan dilakukan dengan pengawalan ketat petugas lapas dan bekerja sama dengan kepolisian.

Baca Juga : Mahasiswi Indonesia di Kanada Meninggal, Korban Tindak Kriminal?

“Ini merupakan langkah antisipasi terjadi gangguan keamanan dan ketertiban serta upaya kami memutus pencegahan peredaran narkotika di lapas. Pemindahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan Okonkwo Nonso Kingleys dan Aris Wandi bin Muhammad Hasan merupakan dua dari tujuh orang yang terjerat kasus kasus penyelundupan 1,2 ton sabu-sabu di Aceh Barat.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Meulaboh, Aceh, menjatuhkan vonis mati terhadap dua orang tersebut. Tiga terdakwa lain dijatuhi hukuman penjara selama 18 tahun penjara dan denda Rp1 miliar atau subsider 6 bulan kurungan.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Bikin Sedih, Menunggu Teman Isi BBM, Gadis di Grobogan Tertabrak Truk

Korban bernama Rizzka Choirotun Faizah sedang menunggu temannya mengisi bensin di SPBU Kaliceret, tiba-tiba truk menabrak dari belakang.

Ini Kronologi Warga Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Ketua RW 16, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang Utara, Slamet Riyadi, 52 tahun, mengungkapkan kronologi tertembaknya Sobirin.

Diduga Ingin Kuasai Harta, Remaja Habisi Nyawa Kekasih

Korban FAW, 14, diduga dibunuh oleh kekasihnya sendiri, R, 17. Motif tindakan itu diduga niat jahat R yang ingin menguasai harta kekasihnya. 

Pengasuh Ponpes di Magelang Cabuli Santrinya Berkali-Kali

Seorang pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Magelang mencabuli santriwatinya berkali-kali.

Seorang Penyandang Disabilitas Tenggelam di Sungai Tuntang Grobogan

Orang tenggelam di Sungai Tuntang, Kabupaten Grobogan kembali terjadi. Kali ini seorang penyandang disabilitas tenggelam, Kamis (19/5/2022).

Ini Cerita Anak Korban Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Warga berinisial S tertembak senjata jenis airsoft gun yang dibawa Briptu RS di Semarang. Anak korban, Nurokhmah, 25 tahun bercerita mengenai kejadian tersebut.

Ini Senjata Anggota Polisi Yang Membuat Warga di Semarang Tertembak

Warga berinisial S tertembak saat hendak melerai keributan antara Briptu RS dengan kerabatnya di Semarang.

Bobol Sekolahan Hingga Kantor, Remaja di Banyumas Ini Ditangkap Polisi

Seorang remaja di Banyumas ditangkap polisi karena menjadi pelaku aksi pencurian di sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan.

Polisi Ribut Dengan Kerabat, Seorang Warga di Semarang Tertembak

Keributan dipicu permasalahan keluarga antara anggota polisi Briptu RS dan kerabatnya SY, di Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang.

Gurihnya Kuliner Soto Kudus, Pakai Daging Kerbau Bukan Ayam

Olahan kuliner berupa soto khas Kudus identik dengan kuah pekat dari kaldu daging kerbau yang disajikan dalam mangkuk kecil.

Desa Cawet Pemalang Simpan Keindahan Surgawi

Desa Cawet di pemalang, Jawa Tengah, memiliki potensi wisata alam yang memukau.

Di Mana Daerah Terdingin di Jawa Tengah?

Inilah daerah terdingin di Jawa Tengah yang sering turun hujan salju saat musim kemarau.

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.