Underpass YIA (Detikcom/Sayoto Ashwan)

Solopos.com, WATES — Terowongan atau underpass Yogyakarta International Airport (YIA) resmi dibuka. Underpass yang diklaim terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang 1,4 kilometer.

Underpass ini sudah selesai dibangun sejak Desember lalu dan hari ini mulai kita buka,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 7, Ahmad Cahyadi, yang dikutip dari Detik.com, Jumat (24/1/2020).

Bantu Petani Saat Kesulitan Air, Pemkab Karanganyar Pasang Jaringan Listrik di Sawah

Underpass ini terdiri dari dua lajur yang dilengkapi pembatas jalan di bagian tengah. Masing-masing lajur memiliki lebar 7,85 meter dengan tinggi 5,1 meter. Untuk menunjang aspek keselamatan pengendara, underpass YIA ini dilengkapi lampu flip-flop, emergency exit yang terdiri delapan unit dan 34 unit exhaust fan.

7 Orang Jadi Tersangka Pengeroyokan di Kartasura Sukoharjo

Rencananya, underpass YIA akan diujicobakan hingga Maret 2020. Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo mengimbau agar pengendara berhati-hati ketika melewati underpass YIA khususnya di kedua mulut underpass. Pasalnya, di masing-masing mulut underpass langsung bertemu dengan persimpangan jalan yang rawan kecelakaan.

Kabar Duka: Mantan Bupati Boyolali Sri Moeljanto Meninggal Dunia

Berdasar unggahan pengelola akun Twitter @JogjaUpdate, Jumat, terlihat seorang pengendara merekam video ketika melewati underpass YIA. Dari video yang berdurasi kurang dari satu menit ini, terlihat jalan underpass YIA begitu mulus dengan marka jalan terlihat jelas.

Pencahayaan di underpass YIA ini juga terlihat baik. Di bagian sisi kanan dan kiri underpass terlihat ornamen yang menghiasi di masing-masing dindingnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten