SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Papua–Terowongan yang terletak di areal tambang PT Freeport Tembagapura tepatnya di Mile 62, Kamis (29/4) runtuh. Akibatnya jalan disekitar terowongan terputus, dan transportasi yang mengangkut logistik, personel, maupun bahan peledak dari Tembagapura maupun Timika terputus.

Juru bicara Polda Papua, Komisaris Besar Agus Rianto melalui pesan singkatnya mengatakan, runtuhnya terowongan yang menghubungkan Timika dan lokasi tambang Tembagapura maupun sebaliknya, mengakibatkan mobilisasi sementara lumpuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sementara jalan menuju lokasi tambang terputus, karena tertimbun longsoran tanah dan batu, sehingga mobilisasi angkutan lumpuh total,’’ ucapnya.

Mengenai penyebab runtuhnya terowongan tersebut, sambung Agus Rianto, diperkirakan karena terjadinya pergeseran tanah dan bebatuan yang basah di sekitar lokasi.

“Kemungkinan besar karena tanah bergerak, sehingga meruntuhkan bebatuan dan tanah di sekitar terowongan.”

Ditambahkan dia, runtuhnya terowongan yang terjadi  sekitar pukul 09.30 WIT itu tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka. Sebab,  saat terowongan runtuh, tidak ada kendaraan perusahaan yang melintas tepat di lokasi reruntuhan.  “Tidak ada korban akibat runtuhnya terowongan tersebut,’’ singkatnya.

Saat ini, lanjutnya, sejumlah alat berat milik Freeport sedang dikerahkan ke lokasi reruntuhan untuk membersihkan bekas-bekas reruntuhan, agar mobilisasi angkutan bisa kembali berjalan lancar.

“Sedang dilakukan upaya perbaikan di lokasi reruntuhan,’’ kata Agus Rianto.

vivanews/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya