SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Terorisme menggunakan media sosial untuk melakukan rekruitmen anggota

Harianjogja.com, BANTUL – Di era digital saat ini kelompok jaringan teroris banyak merekrut anggotanya lewat sosial media. Mereka menganggapa media sosial menjadi media yang paling mudah diakses.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Untuk itu Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengajak generasi muda untuk memahami makna radikal dari perspektif agama. Menurutnya, semua agama yang ada mengajarkan untuk melakukan kebaikan, bukan sebaliknya.

“Setiap pemeluk agama harus radikal, dalam arti keyakinan yang mengakar,” katanya saat dialog pencegahan paham radikal terorisme dan ISIS bertema “Peran Generasi Muda Dalam Pencegahan Terorisme” di Jogja Expo Center, Rabu (28/10/2015).

Lukman menambahkan radikal tidak harus diperangi. Tapi, harus dilakukan bagi setiap orang beragama yang benar-benar memahami konteks radikal. Radikal perlu diperangi karena efek negatif dari ekstrimisme yang kemudian memaksakan kehendak.

Lukman menyampaikan, dua alasan orang melakukan tindakan ekstrim. Pertama, seseorang itu merasa diperlakukan tidak adil, sehingga merespon dengan melakukan tindakan, dengan cara-cara kekerasan dan karena landasan faham keagamaan yang sempit.

“Dia merespon ketidakadilan dengan cara-cara ekstrim, ingin jalan pintas. Ketidakadilan itu mulai dari lingkungan sosial, hukum, politik, dan masih banyak lainnya,” kata Lukman.

Kepala Badan Nasional Penangulangan Terorisme, Komjen Pol Saud Usman Nasional menambahkan, peran pemuda sangat dominan dalam upaya pencegahan tindakan terorisme.

“Pemuda jadi garda terdepan, aset nasional, penerus bangsa, dan calon pemimpin generasi saat ini. Ada 1000 orang disini, semoga ditularkan ke yang lain dalam pencegahan terorisme,” kata Usman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya