SOLOPOS.COM - Boy Rafli Amar (Dokumentasi)

Boy Rafli Amar (Dokumentasi)

JAKARTA—Polri belum mengetahui motif serangan teror yang terjadi di Solo, Jawa Tengah. Hingga kini Polri masih memburu kelompok lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita lihat setelah 2006 terjadi pergeseran pada sasaran para kelompok teror. Dari yang sebelumnya kepada kepentingan asing, berubah ke aparat keamanan. Tapi motifnya sejauh ini masih kita dalami,” ujar Karo Penmas Polri, Boy Rafli Amar, di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Meski belum mengetahui motif secara pasti, Boy menyebutkan ada indikasi serangan tersebut merupakan bentuk kekecewaan kepada polisi yang dianggap menjadi penghalang terbentuknya negara Islam.

“Serangan ini saya rasa ada kaitan dengan keinginan mereka untuk menegakkan negara berdasarkan Islam. Mereka mungkin berpikir bahwa polisi telah menghalang-halangi usaha mereka. Seperti isi surat yang disita dari tas milik Farhan,” ucap Boy.

Menurut Boy, pihaknya saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap terduga teroris lain. Namun dirinya menyatakan tidak dapat mengungkapkan siapa-siapa saja nama anggota teroris yang masih dikejar itu.  “Ya kalau nama belum bisa kita ungkapkan sekarang,” tutur Boy.

Sebelumnya tim Densus 88 Mabes Polri, berhasil menangkap seorang terduga teroris atas nama Firman. Firman ditangkap di rumah kerabatnya yang berada di komplek Perumahan Anyelir, Depok, Jawa Barat.

Firman ditengarai terlibat penembakan pospam Lebaran, pelemparan granat dan penembakan pospol di Solo, Jawa Tengah. Polisi juga sudah mengamankan tersangka Bayu di Jawa Tengah. Sementara dua terduga teroris lain, Farhan dan Muchsin, tewas saat baku tembak dengan tim Densus 88.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya