SOLOPOS.COM - Ilustrasi paket misterius (JIBI/Solopos/Dok.)

Teror mengguncang Pati, bangkai hewan dipaketkan ke rumah dinas sekretaris daerah dan DPRD setempat.

Semarangpos.com, PATI — Pemerintah Kabupaten Pati diteror. Paket berisi kepala anjing dikirimkan ke rumah dinas sekretaris daerah dan DPRD setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Desmon Hastiono meminta kepolisian mengusut tuntas pelaku teror yang mengirimkan paket berisi bangkai hewan karena menimbulkan kecemasan masyarakat. “Kami berharap agar kasus serupa tidak terulang kembali,” kata Sekda Pati Desmon Hastiono di Pati, Kamis (8/9/2016).

Ia mengakui tidak mengetahui motif pelaku, apakah orientasinya kepada pribadi atau Pemilihan Kepala Umum Daerah (Pilkada) Pati. Ia berharap, segera diusut yang sebenarnya, sehingga ketika pelakunya tertangkap tentu akan diketahui motif sesungguhnya.

Saat ini, lanjut dia, rekaman kamera closed circuit television (CCTV) di rumah dinas dalam tahap pemeriksaan pihak kepolisian untuk mengetahui perkembangan informasi lebih lanjut. Ia mengaku mengetahui ada bungkusan plastik berwarna hitam justru sejak Selasa (6/9/2016) pukul 17.30 WIB sepulang dari rapat di Semarang. “Saya mengira benda tersebut untuk keperluan pekerja bangunan,” ujarnya.

Pada pagi harinya, lanjut Desmon Hastiono, dirinya mendapat laporan dari Satpol PP bahwa temuan paket di kompleks rumah dinasnya sama dengan yang ada di DPRD Pati. “Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saya minta Satpol PP mengecek. Kemudian Satpol PP meminta bantuan polisi,” ujarnya.

Ia menyayangkan adanya ancaman dengan benda yang mencurigakan tersebut. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, isi bungkusan di kantor DPRD Pati sama dengan rumah dinas sekda Pati, yakni masing-masing berisi kepala anjing serta kertas berisi pesan yang memojokkan salah satu bakal calon wakil bupati Pati.

Dua paket mencurigakan yang ditemukan di dua tempat berbeda pada Rabu (7/9/2016), satu di antaranya berbentuk kotak yang terbungkus kantong plastik hitam tergeletak di saluran air bagian selatan halaman kantor DPRD Pati yang ada di Jl. dr. Wahidin, Pati. Paket lainnya, ditemukan di samping pagar rumah dinas yang baru dalam perbaikan, rumah dinas Sekda Pati di Jl. Diponegoro 123.

Informasinya, bungkusan mencurigakan yang ada di DPRD Pati diketahui oleh petugas kebersihan pada Rabu pukul 06.15 WIB. Tim penjinak bom yang memeriksa paket mencurigakan di dua empat tersebut, akhirnya memastikan tidak ada bahan peledak sehingga memutuskan untuk membukanya dan ternyata berisi bangkai kepala anjing serta surat yang berisi pesan yang bernada menjelekkan salah satu bakal calon wakil bupati Pati.

Pihak Polres Pati melalui Kasat Reskrim AKP Agung Setyo Budi Utomo saat dimintai keterangannya Rabu, menegaskan pelaku yang mengirimkan paket tersebut sedang dalam penyelidikan karena tindakannya dianggap menimbulkan keresahan masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya