SOLOPOS.COM - TEROR PAPUA -- Kapolri beserta jajarannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR, Kamis (14/6/2012). Mabes Polri mengaku sudah menyingkap sejumlah kelompok yang berada di balik aksi-aksi teror di Papua. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

TEROR PAPUA -- Kapolri beserta jajarannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR, Kamis (14/6/2012). Mabes Polri mengaku sudah menyingkap sejumlah kelompok yang berada di balik aksi-aksi teror di Papua. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Mabes Polri mengklaim telah memetakan sejumlah kelompok yang selama ini melakukan teror berupa penembakan terhadap warga di Papua. Aparat baju cokelat itu berjanji bakal menangkap seluruh pelaku agar tidak ada lagi penembakan gelap di kawasan ujung timur Indonesia itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Sutarman mengungkapkan bahwa kepolisian telah mengetahui jaringan pelaku penembakan di kawasan Timika hingga Puncak Jaya. “Saya sudah punya network secara keseluruhan, siapa yang bermain di Timika, siapa yang bermain di Puncak Jaya. Seluruhnya sudah ada,” ujarnya di sela-sela rapat dengan Komisi III DPR RI di Jakarta, sore ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menjelaskan bahwa pihaknya tidak melihat ada yang mengkoordinasi antar kelompok penembakan satu dengan lainnya. Setiap kelompok, sambungnya, bergerak sendiri-sendiri, sehingga tak ada tokoh dibalik gerakan tersebut. Sejauh ini, tuturnya, polisi telah menangkap empat pelaku yang terlibat dalam serangkaian penembakan di Papua, yakni JW, BT, dan KW. Adapun yang satu dengan inisial MT, tewas ditembak pagi tadi. “Mereka tergabung dalam organisasi Komite Nasional Papua Barat.”

Saat ditanya apa motif dibalik penembakan selama ini, kata Sutarman, kepolisian hanya melihat aspek kriminal. Adapun mengenai motif politik diserahkan kepada instansi yang berwenang untuk menganalisisnya. “Yang kami lakukan supaya jangan sampai terjadi penembakan lagi ke warga. Sudah 35 orang yang meninggal dalam tahun ini saja. Kita akan bersihkan seluruhnya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya