Kondisi kambing yang mati mengenaskan di Desa Ngambarsari, Karangtengah, Wonogiri, Senin (10/2/2020). (Istimewa/Polsek Karangtengah)

Solopos.com, WONOGIRI - Puluhan ekor kambing di Wonogiri mati misterius seperti tercabik-cabik binatang buas. Kasus serupa pernah menghebohkan Pacitan, Jawa Timur.

Kambing milik warga Desa Ngambarsari, Karangtengah, Wonogiri, itu ditemukan mati mengenaskan dengan leher dan badan tercabik-cabik. Diduga kematian ini disebabkan anjing liar yang berasal dari hutan.

“Hari pertama ada sembilan ekor yang mati, hari kedua 14 ekor dan hari ketiga lima ekor. Total 28 kambing yang mati tersebut milik sembilan warga Desa Ngambarsari,” kata Kapolsek Karangtengah, AKP Sentot Giswanto saat dihubungi Solopos.com, Senin (10/2/2020).

Ganas! Hewan Buas Terkam 45 Kambing di Pacitan

Ada bekas luka gigitan dan tidak ditemukan jejak kaki hewan yang memangsa kambing tersebut di tempat kejadian. “BKSDA dan dokter hewan menganjurkan agar kambing yang mati tersebut tidak dikonsumsi dan harus dikubur,” kata Sentot.

Kasus serupa pernah menghebohkan Pacitan beberapa pekan silam. Dilaporkan wartawan Solopos.com, Abdul Jalil, puluhan ekor kambing milik sejumlah warga Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, mati kondisi tubuh yang tercabik-cabik. Puluhan ekor kambing ini tersebar di Desa Kalipelus dan Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung.

Teror Hewan Buas

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, mengatakan teror hewan buas terhadap hewan ternak di Kecamatan Kebonagung masih terus terjadi.

Terakhir, Kamis (23/1/2020) dini hari, ada tiga ekor kambing milik warga ditemukan mati dengan luka terkaman hewan buas. Total sudah ada 54 kambing yang mati misterius.

Ganas! Hewan Buas Terkam 45 Kambing di Pacitan

Dia menuturkan hewan buas yang menyerang puluhan ekor kambing ini diduga anjing liar yang jumlahnya lebih dari satu.

“Tadi malam [Rabu], saya bersama tim BPBD berada di lokasi. Kalau keterangan warga, yang menyerang hewan ternak mereka ya sekelompok anjing liar. Tapi secara persis masyarakat belum pernah mengetahui saat hewan liar ini menyerang,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Seorang warga Desa Kalipelus, Tukiyat, 60, mengaku melihat kawanan binatang mirip anjing hutan di sekitar kandang. Sayangnya, makhluk berperawakan kecil dengan bulu coklat muda dan ekor putih tersebut spontan kabur begitu melihat kedatangan manusia.

Puluhan Kambing di Pacitan Mati Mengenaskan Diserang Hewan Misterius

"Saya buru-buru menengok kandang. Saya kaget sekali ternyata kambing saya sebanyak tiga ekor sudah mati," tuturnya dilansir Detik.com, Jumat (24/1/2020).

Saat itu, lanjut Tukiyat, dirinya tak sengaja melihat makhluk yang diperkirakan berjumlah tujuh ekor. Sebab, tujuan utamanya adalah ke laut untuk mancing. Niatnya melihat isi kandang mendadak muncul begitu mendapati kawanan anjing di sekitarnya.

"Masih pagi sekali. Baru sekitar jam 5.30 WIB. Niat saya semula mau mancing ke Pantai Srengit," papar dia terkait peristiwa yang sudah berlangsung sekitar tiga pekan lalu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten