SOLOPOS.COM - Tentara ISIS. (Motortrend.com)

Pasukan Irak masih berupaya mencapai lokasi eksekusi ISIS.

Solopos.com, BAGHDAD – Pasukan Irak berupaya mencapai Kota Hammam al-Alil, di mana dilaporkan menjadi tempat ekskekusi puluhan tawanan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)  dalam beberapa hari terakhir, Kamis (27/10/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Reuters, Kamis, militan ISIS menembak mati tawanan yang sebagian besar mantan anggota militer Irak dalam aksi itu. Tawanan tersebut berasal dari desa-desa di wilayah selatan Mosul.

Tindakan tersebut diduga untuk melawan operasi besar yang diluncurkan pasukan Irak, Peshmerga dengan didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat di Mosul.

Seorang anggota Dewan Provinsi Nineveh, Abdul Rahman al-Waggaa, pada Rabu (26/10/2016) mengatakan para tawanan tersebut tinggal di wilayah yang dikuasai ISIS. Militan  membawa mereka ke Hammam Al-Alil, yang terletak sekitar 15 kilometer selatan Mosul. “Disitulah eksekusi terjadi,” katanya di  Erbil.

Secara terpisah seorang politisi, Hoshiyar Zebari, menuturkan ISIS telah mengeksekusi setidaknya 65 orang tiga hari sebelumnya. Sementara Juru Bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Rupert Colville, mengatakan pasukan keamanan dilaporkan menemukan 70 jasad warga sipil di Desa  Tuloul Naser, selatan Mosul, Kamis (20/10). Laporan juga menyebut ISIS membunuh 50 mantan polisi di luar Mosul pada Minggu (23/10/2016).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya