SOLOPOS.COM - Nokia 105 (GSM Arena)

Teror ISIS ternyata mengandalkan Nokia 105 untuk merakit bom.

Solopos.com, SOLO — Ponsel jenis feature phone Nokia seperti Nokia 3310 hingga kini disebut sebagai yang terbaik. Kini tampaknya Nokia 105 mengikuti jejak nenek moyangnya itu karena menjadi ponsel favorit kelompok militan Islamic State atau ISIS.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Seperti dikutip dari NBC, Senin (14/3/2016), laporan terbaru dari lembaga pengawas persenjataan, Conflict Armament Research (CAR) menyatakan hal tersebut. Ada beberapa alasan mengapa ISIS menyukai ponsel Nokia 105.

Ekspedisi Mudik 2024

Pertama, harganya yang murah sekitar Rp300.000 dan banyak tersedia di Timur Tengah. Ternyata Nokia 105 tidak digunakan sebagai perangkat telekomunikasi melainkan disalahgunakan sebagai alat pemicu bom ciptaan ISIS yang dinamakan IED.

Lebih penting lagi, Nokia 105 tidak memiliki konektivitas Internet, kamera atau aplikasi yang membuatnya tidak bisa dilacak. Nokia 105 gampang dipakai sehingga memudahkan proses latihan pada militan ISIS yang akan meledakkan bom.

Dalam penelitian ini, CAR melakukan dokumentasi sepuluh unit ponsel yang disita dari anggota ISIS di Irak. Ternyata merek yang secara konsisten digunakan oleh ISIS adalah Nokia 105.

Layaknya feature phone umumnya, Nokia 105 mengusung model candybar dengan barisan keypad angka. Begitu juga dengan tampilan menu di layar 1,45 inci yang diusungnya.

Pengguna hanya akan menemukan fungsi-fungsi sederhana seperti daftar kontak dan SMS. Dirilis awal tahun 2013, Microsoft juga membekali dengan beberapa game sederhana seperti Snake dan Bubble Bash 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya