SOLOPOS.COM - Video pemengalan warga Etiopia oleh ISIS (Reuters)

Teror ISIS sudah menguasai setengah dari negara Suriah.

Solopos.com, SOLO – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini sudah menduduki kota kuno Palmyra di Suriah. Penaklukan kota itu secara tak langsung menjadi sebuah pertanda ISIS telah mengusai separuh wilayah Negara Suriah.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Sebagaimana dilansir Antara dari Aljazeera, Jumat (22/5/2015), Kota Palmyra terletak di tengah provinsi Homs dan di jantung negeri Suriah, yakni 210 km arah timur laut dari Damaskus. Kota ini berada di daerah gurun yang membentang sampai perbatasan Irak-Suriah.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Observatorium, ISIS kini menguasai wilayah seluas 95.000 km  persegi di sembilan dari 14 provinsi Suriah, atau separuh dari wilayah Suriah.

Sebelum Palmyra, pemerintah Suriah sudah kehilangan kota Bosra di Provinsi Deraa Maret 2015 lalu. Dan sepertinya Palmyra, Bosra juga dimasukkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Pada April 2015 silam, ISIS menguasai sebagian besar Yarmuk yang jauhnya hanya 8 km dari Damaskus.  Kota ini banyak didiami pengungsi Palestina.

Para aktvis di Palmyra mengungkapkan bahwa ISIS telah sepenuhnya menguasai kota ini Rabu (20/5/2015) malam, sedangkan penduduknya mengungsi dan kini terlunta-lunta di jalanan.

“ISIS menginfiltrasi kota ini semalaman. Listrik mati dan kami kekurangan pasokan listrik serta air. Penduduk ketakutan dan kami tak tahu apa yang terjadi kemudian,” kata aktivis ini.

Nasser, seorang wartawan, berkata kepada Aljazeera bahwa 170.000 penduduk Palmyra tak bisa ke mana-mana, sebaliknya pasukan pemerintah tak bisa menawarkan jalan keluar.

“ISIS dibenci oleh warga di sini dan menyebutnya teroris. ISIS tidak akan berbeda memperlakukan kami seperti warga lainnya di wilayah yang mereka kuasai,” kata Nasser.

Menurut Observatorium, ISIS kini menguasai sebagian besar ladang minyak dan gas di Suriah, serta merampas dua ladang gas di sekitar Palmyra sejak mereka melancarkan serangan ke sini. Selain membahayakan situs-situs kuno warisan dunia, dengan menguasai Palmyra maka ISIS kini menguasai wilayah yang membentang dari Suriah ke Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya