SOLOPOS.COM - Tentara ISIS. (Motortrend.com)

Teror ISIS menghantui Raqqa. ISIS berhasil memukul mundur pasukan pro-pemerintah Suriah.

Solopos.com, SOLO – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memenangi pertempuran dengan pasukan rezim Suriah dari Provinsi Raqqa, Senin (20/6). Menangnya ISIS membuat mereka kembali menguasai Raqqa. Pertempuran tersebut menewaskan 40 tentara Suriah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Observatorium HAM Suriah mengatakan ISIS melancarkan serangan pada Minggu menyusul serangan pasukan rezim ke basis utama mereka di Raqqa pada 3 Juni. Saat itu pasukan pemerintah telah bergerak sejauh 20 kilometer menuju pusat Kota Tabqa.

Ekspedisi Mudik 2024

“ISIS berhasil memukul mundur pasukan pemerintah dari batas administrasi Provinsi Raqqa menyusul serangan balasan yang berlangsung sengit,” menurut keterangan Observatorium.

Observatorium menambahkan ISIS mengerahkan ratusan bala bantuan dari Kota Raqqa untuk mempertahankan Tabqa, kota yang menjadi lokasi bendungan dan pangkalan udara dan berlokasi sekitar 50 kilometer di barat Raqqa.

“Lebih dari 40 personel pasukan pro-pemerintah tewas,” menurut pernyataan Observatorium, yang memperoleh informasi dari berbagai narasumber di lapangan sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara dari AFP, Senin.

Pasukan Suriah, yang didukung oleh serangan udara Rusia, pada awal Juni bergerak maju ke Raqqa untuk kali pertama sejak 2014, mengincar bendungan terbesar di negara itu di Sungai Efrat, Tabqa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya