SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, LONDON--Tiga terapis Indonesia di paviliun Indonesia dalam pameran pariwisata internasional WTM London tidak putus-putusnya melayani pengunjung yang ingin merasakan sensasi dan khasiat perawatan tubuh spa khas Indonesia.

“I feel new born,” ujar wanita setengah baya Inggris, yang telah mencoba spa itu dan berencana akan berlibur ke Bali bulan depan. Bali memang “negeri”-nya spa dengan taraf dunia; dari kelas biasa-biasa saja hingga kelas sangat mewah di lokasi super eksklusif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelayanan spa Indonesia di pameran internasional itu datang dengan berbagai produk tradisional; tidak saja diminati pengunjung wanita tetapi banyak kaum adam Inggris.

“Setiap hari sekitar sampai 100 pengunjung datang ke paviliun Indonesia mencicipi pelayanan dan menikmati spa Indonesia,” ujar pejabat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sulistiati Supriyadi, yang mendampingi di pameran di London itu, Jumat.

“Bahkan ada yang sampai tertidur, padahal para terapis hanya memberikan layanan selama sepuluh menit. Mereka sangat menikmati pelayanan yang kami berikan,” ujar Supriyadi.

Spa menjadi unggulan internasional kepariwisataan nasional karena itulah spa dan para terapis serta ramuan dan atmosfer khas nusantara dihadirkan di London.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat, wisata minat khusus ini salah satu dari tujuh wisata minat khusus yang ditawarkan Indonesia pada gelaran kepariwataan mondial itu.

Spa dalam khasanah budaya Indonesia, telah dikenal sejak sangat lama, sejak masa kerajaan-kerajaan dan kesultanan di berbagai wilayah Indonesia masih berkuasa. Ingat perawatan kulit dan kecantikan para putri keraton Yogya dan Solo? Itulah salah satunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya