SOLOPOS.COM - Tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Klaten mengikuti debat publik mengangkat tema Pengembangan Layanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat yang digelar KPU Klaten di Al Hakiim Convention Hall, Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (20/11/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menyediakan sejumlah anggaran guna menggelar debat pasangan calon (paslon). Anggaran yang dikeluarkan untuk mendukung debat tersebut sudah disesuaikan dengan pandemi Covid-19.

Anggota Komisioner Divisi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Klaten, Wandyo Supriyatno, mengatakan anggaran yang dikeluarkan guna mendukung debat paslon di tengah pandemi Covid-19 jauh lebih murah dibandingkan saat kondisi normal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KTNA Klaten Rintis Pengadaan Benih Mandiri, Begini Ceritanya…

Lantaran debat paslon digelar di tengah pandemi Covid-19, panitia penyelenggara debat membatasi jumlah pengunjung.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain paslon, sejumlah orang yang diperbolehkan masuk ke ruangan debat, di antaranya anggota KPU Klaten, tim pemenangan masing-masing paslon, perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten, dan aparat keamanan yang ber-ID card.

"Biayanya per debat senilai Rp100 juta [baik debat I atau pun debat II]. Kalau di situasi normal, anggaran debatnya bisa senilai Rp300 juta untuk sekali debat," kata Wandyo Supriyatno, saat ditemui wartawan di Hotel Tjokro Klaten, Rabu (2/12/2020).

Swab Test Covid-19 Sasar Warga Klaten di Kawasan Rawan Bencana Erupsi Gunung Merapi

Sebagaimana diketahui, di Pilkada 2020 di Kabupaten Bersinar diikuti tiga pasangan calon (paslon). Masing-masing, paslon nomor urut 1, Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo); Paslon nomor urut 2, yakni One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI); dan paslon nomor urut 3, Arif Budiyono (ABY)-Harjanta (HJT).

KPU Menggelar Dua Kali Debat

KPU Klaten telah mengatur jadwal kampanye bagi masing-masing paslon, mulai 26 September 2020-5 Desember 2020. Sementara, jadwal pencoblosan di Pilkada 2020 berlangsung 9 Desember 2020.

Di tengah-tengah masa kampanye, KPU Klaten menggelar dua kali debat. Debat I digelar di Gedung Al Hakim Convention Hall, Klaten, Jumat (20/11/2020) pukul 19.30 WIB.

PLN Jamin Listrik Lancar hingga Penghitungan Suara Pilkada Klaten Kelar

Sedangkan, debat II digelar di Borobudur Hall Room Hotel Tjokro Klaten, Rabu (2/12/2020) pukul 19.30 WIB.

"Kami berharap dengan debat dapat memenuhi [keinginan] masyarakat mengenal visi dan misi masing-masing paslon," kata Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, saat memberikan sambutan di debat II paslon di Hotel Tjokro Klaten, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya