Ternyata Rumput Stadion GBT Surabaya Tidak Berstandar FIFA

Komisi C DPRD Kota Surabaya heran rumput Stadion GBT tidak berstandar FIFA padahal saat itu Pemkot Surabaya telah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

 Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (surabay.go.id)

SOLOPOS.COM - Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (surabay.go.id)

Solopos.com, SURABAYA—DPRD Kota Surabaya mempertanyakan kualitas rumput di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya yang tidak berstandar FIFA.

DPRD mempertanyakan itu setelah Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengungkapkan lapangan di Stadion GBT Surabaya belum memiliki kualitas standar sepak bola FIFA jelang Piala Dunia U-20 2023.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Sekretaris Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya Agung Prasodjo mengatakan pada saat itu Pemkot Surabaya telah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah untuk persiapan Piala Dunia U-20 pada 2023.

Baca Juga: Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan Solo Dipuji FIFA

“Bukankah pembangunannya (GBT) untuk memenuhi standar FIFA? Lalu kenapa saat ini kualitasnya masih dianggap belum memenuhi standar FIFA?,” kata Agung di Surabaya, Senin (26/9/2022).

Menurut dia, kontraktor pelaksana pembangunan Stadion GBT harus bertanggung jawab, termasuk rumput Stadion Gelora 10 Nopember (GN10) yang jauh dari standar FIFA.

Hal itu, lanjut legislator Partai Golkar ini, perlu ditekankan lagi agar penyelenggaraan Piala Dunia di Surabaya pada 2023 bisa maksimal.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ajukan Pemain Naturalisasi untuk Piala Dunia U-20

“Saya berharap Pemkot bisa melakukan pembangunan kembali sekitar area lapangan latihan A hingga C sehingga ofisial tidak sibuk memungut bola di selokan samping lapangan latihan,” kata Agung.

Selain itu, kata dia, pihaknya meminta Pemkot Surabaya untuk melakukan audit ulang pekerjaan kontraktor pelaksana GBT, GN10 dan lapangan THOR menyusul informasi rumput di stadion tersebut jauh dari standar FIFA

Terakhir, lanjut dia, agar tidak menghambur-hamburkan uang lagi, pihaknya berharap upaya perbaikan stadion mendatang harus mendapatkan pendampingan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Baca Juga: Jumlah Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Mungkin Berkurang

“Semua itu agar bisa memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh FIFA,” kata dia.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya, DPRD Surabaya bersama Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim Amir Burhanuddin mendampingi perwakilan FIFA melakukan inspeksi di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (24/9). Pada inspeksi FIFA kedua ini, kata dia, FIFA melakukan pengecekan fasilitas di Stadion GBT.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini: Gregoria dan Apriyani/Fadia Terhenti

      Gregoria dan Apriyani/Fadia telah kalah dua kali dari tiga pertandingan yang harus di jalani pada fase penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Liga 1 Hari Ini: Rans vs Persikabo, PSIS vs Borneo FC

      Jadwal Liga 1 2022-2023 hari ini memainkan dua pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman yaitu Rans Nusantara FC vs Persikabo 1973 dan PSIS Semarang vs Borneo FC Samarinda.

      Bisakah Skenario Messi vs Ronaldo Tercipta di Final Piala Dunia 2022?

      Skenario pertarungan pamungkas Piala Dunia 2022 antara dua pemain hebat di senja karier spektakuler mereka, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

      Jadwal Siaran Langsung Pertandingan BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini

      Wakil Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan hari ini untuk bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina

      Piala Dunia 2022 kembali bergulir malam setelah rehat dua hari jelang laga perempat final yang mempertemukan Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina.

      Louis van Gaal: Total Football atau Winning Football?

      Louis van Gaal dikritik karena permainan Belanda membosankan, namun sepak bola yang eye-catching bukanlah jaminan mendapatkan gelar.

      Jelang Perempat Final Inggris vs Prancis, Walker: Jangan Hanya Fokus Mbappe!

      Jelang babak perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis, Kyle Walker mengatakan timnya tidak boleh terlalu fokus mengawal Kylian Mbappe.

      Persis Solo Kirim Perwakilan ke Resepsi Pernikahan Kaesang, Ini Alasannya

      Skuad Persis Solo siap memberikan hasil positif dalam pertandingan yang berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Skuad Persis Solo Tak Bisa Hadiri Tasyakuran Pernikahan, Ini Pesan Kaesang

      Laga Persis Solo Vs Arema FC berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang Pangarep yaitu pada Minggu (11/12/2022).

      32 Tim Sekolah Dasar Berebut Gelar Juara Milku Futsal Tournament, Ini Daftarnya

      Milku Futsal Tournament di lapangan futsal Budi Langgeng, Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali,  pada 10-11 Desember 2022, diikuti tim-tim terbaik dari sekolah dasar di Soloraya.

      Hasil Liga 1: Hajar Bhayangkara FC 3-0, Bali United Tempel PSM Makassar

      Bali United FC terus menempel PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 seusai menang telak atas Bhayangkara FC 3-0 pada pekan ke-13 di Stadion Manahan. 

      Klasemen Lengkap BWF World Tour Finals 2022, Ganda Putra Indonesia Berkuasa

      Indonesia punya harapan besar dari klasemen sektor tunggal putra dan ganda putra untuk lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Hasil Liga 1: PSS Sleman Kalah Lagi, Seto Sebut Alarm Bahaya

      PSS Sleman kembali menelan kekalahan di ajang Liga 1 2022-2023 seusai dikalahkan Madura United 0-1.

      Hasil BWF World Tour Finals Hari Ini: Fajar/Rian-Hendra/Ahsan Belum Terkalahkan

      Dua ganda putra Indonesia sama-sama sudah meraih dua kemenangan dari dua pertandingan di penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.

      Tim Juara Raih Rp656 Miliar, Ini Perincian Hadiah Piala Dunia 2022

      Seluruh tim peserta Piala Dunia 2022 pun mendapat hadiah berupa uang tunai yang berbeda-beda jumlahnya, dengan juara Rp656 miliar.