SOLOPOS.COM - Sejumlah pemain Inter Miami sedang berlatih. (Twitter/@InterMiamiCF).

Solopos.com, SOLO–Fakta menarik mengenai Inter Miami, klub baru megabintang Lionel Messi.

Salah satu kontestan Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat itu ternyata memiliki ranking dunia yang rendah berdasar versi laman Football Databes, footbaldatabaes.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal yang yang mengejutkan lagi, ranking dunia klub Inter Miami tidak lebih tinggi dari klub papan atas Liga 1 Indonesia, Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Dikutip Solopos.com dari laman Footbal Databaes, Jumat (9/6/2023), klub Inter Miami memiliki ranking dunia 1.545 dengan 1295 poin. Dalam lingkup Amerika Utara, Inter Miami berada di ranking 120. Sementara, di Amerika Serikat menempati peringkat 22.

Pada sisi lain, Persib Bandung berada di ranking 785 dunia dengan 1.378 poin. Dalam lingkup Asia, Persib Bandung menempati peringkat 70. Di Indonesia, Persib adalah klub nomor satu.

Sedangkan, Persija Jakarta menempati peringkat 786 dunia  dengan 1.377 poin. Di tataran Asia, Macan Kemayoran berada di ranking 71 dan merupakan klub peringkat dua di Indonesia.

Kendati demikian, Inter Miami berpeluang terus memperbaiki peringkat. Dalam kurun beberapa pekan terakhir, klub Inter Miami naik 85 peringkat.

Sebenarnya tak mengherankan Inter Miami menempati 1.545 dunia dan kalah dari klub-klub Liga 1 seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Sebab, klub Inter Miami baru lahir pada 2018. Otomatis perhitungan poin mereka baru dihitung pada tahun tersebut.

Inter Miami belakangan ini memang menjadi sorotan publik sepak bola dunia. Itu menyusul keputusan megabintang Argentina, Lionel Messi, hijrah ke klub MLS tersebut.

Lionel Messi sudah mengumumkan dirinya bakal bergabung ke klub Inter Miami setelah kontraknya bersama Paris Saint-Germain (PSG) berakhir.

Messi memilih hijrah ke Amerika Serikat (AS) dan menolak tawaran kembali ke tim lamanya, Barcelona.

“Saya akan bergabung dengan Inter Miami. Keputusan sudah 100%,” kata Lionel Messi kepada Mundo Deportivo pada Rabu (7/6/2023).

Messi menyebut kepindahannya ke klub Inter Miami bukan karena uang. Sebab, jika Messi mengincar kontrak yang besar, ada tawaran yang lebih tinggi yakni tawaran dari tim Arab Saudi.

Sebagai informasi, klub bernama lengkap Club Internacional de Futbol Miami ini baru berdiri pada 29 Januari 2018.

Debut resmi klub Inter Miami terjadi pada MLS musim 2020. Pada musim pertamanya itu, Inter Miami sudah mendatangkan pemain bintang seperti Blaise Matuidi dan Gonzalo Higuain dari Juventus.

Sayangnya, Inter Miami hanya finis di posisi ke-10 pada klasemen akhir MLS 2020. Prestasi Inter Miami juga belum konsisten dengan menduduki posisi ke-11 pada 2021.

Kemudian pada 2022, klub Inter Miami dibesut mantan rekan Beckham di Manchester United, Phil Neville sebagai pelatih.

Hasilnya, Inter Miami pun naik peringkat dengan finis di urutan keenam. Namun di babak playoff, Inter Miami harus tersingkir di putaran pertama.

Kini, menjelang kedatangan Messi, Inter Miami terpuruk di dasar klasemen wilayah timur MLS 2023. Klub Inter Miami yang saat ini ditukangi pelatih interim Javier Morales itu baru mengumpulkan 15 poin dari 16 pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya