SOLOPOS.COM - Manfaat tahu tak kalah dari keju. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Manfaat tahu tidak kalah dibandingkan keju. Tak heran jika sumber protein nabati ini akhir-akhir ini popularitasnya meningkat. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Meski terlihat sederhana, namun manfaat tahu sebagai sumber protein bagi tubuh ternyata sangat banyak. Melasir dari Indianexpress, Selasa(15/6/2021), ahli gizi terkemuka sekaligus Direktur Sreya Nutrition dan pendukung inisiatif Right To Protein, Kavitha Reddy, mengatakan lebih dari 70 persen populasi manusia ditemukan berisiko kekurangan protein di antara kelompok usia yang berbeda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Krisis kesehatan ini semakin diperparah oleh pandemi, orang menjadi lebih sadar untuk memasukkan protein dalam makanan sehari-hari mereka untuk kekebalan yang lebih baik. “Hal ini menyebabkan orang menjauh dari konsumsi makanan non-vegetarian dan mengadopsi kebiasaan makanan berkelanjutan yang telah memunculkan tren flexitarian, ” katanya seperti mengutip laman Bisnis.com, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga:  Awas! Gejala Mirip Flu Paling Sering Jadi Pertanda Covid-19 Varian Delta

Kerena tren tersebut, konsumen terdorong untuk mencari sumber nutrisi kaya protein yang lebih baru dan lebih baik.  Menurut  Reddy, selama bertahun-tahun paneer atau keju telah menjadi salah satu bahan utama diet vegetarian. Namun, perlahan tapi pasti, perhatian beralih ke olahan berbahan dasar kedelai, yaitu tahu.

Air dadih dari susu kedelai cair dibuang, dan dadih kemudian ditekan bersama untuk membentuk ikatan kohesif, sehingga membentuk blok tahu. Manfaat tidak hanya tinggi protein, tetapi tahu mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

“Satu porsi 100 gram tahu menyediakan sekitar delapan gram protein sementara setengah kalori – 65-70 kalori seperti yang terkandung dalam paneer, yaitu sekitar 260 kalori,” tambah Reddy.

Selain itu, manfaat tahu lainnya yaitu mengandung lemak sehat, karbohidrat dan berbagai macam mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Komposisi keseluruhannya menjadikan tahu sebagai makanan padat nutrisi, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih sehat. Selain itu, tahu juga dikenal membantu dalam pengelolaan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi membantu menjaga rasa kenyang.

Baca Juga: Wajib Tahu! Olahraga Ini Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

“Tahu adalah bintang vegetarian berikutnya yang melampaui paneer. Tahu dapat membantu mendorong kecukupan protein sambil menggelitik selera kita yang berevolusi dan bervariasi,” beber Reddy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya