SOLOPOS.COM - Ilustrasi jembatan (Dok)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira di mana letak jembatan terpanjang yang ada di Jawa Tengah (Jateng)?

Jembatan terpanjang di Indonesia dipegang oleh Jembatan Suramadu, yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura. Panjang dari jembatan itu mencapai 5,438 kilometer.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Selain itu, ada lagi Jembatan Pasupati di Bandung, Jawa Barat, yang memiliki panjang 2.127 meter. Jembatan ini mulai dibuka untuk umum pada Juni 2005.

Lalu, di mana letak jembatan terpanjang di Jawa Tengah?

Baca Juga: Tak Hanya Denny Caknan, 2 Artis Ini Bakal Manggung di Solo Juni 2022

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, jembatan terpanjang di daerah yang kini dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo ini adalah Jembatan Lemah Ireng di Bawen, Kabupaten Semarang, tepatnya di ruas Tol Trans Jawa.

Jembatan yang memiliki panjang 879 meter atau hampir 1 km ini melewati pemandangan yang begitu cantik. Sehingga bisa membius siapa pun yang melalui jembatan yang berada di KM 440 Tol Semarang-Solo ini.

Baca Juga:  Tulis Pesan untuk Sang Kekasih, Ini Sosok Pacar Eril Anak Ridwan Kamil

Mengutip keterangan Kementerian PUPR di akun resmi Twitternya, jembatan terpanjang di Jawa Tengah dibangun dengan metode balanced canteliver atau memanfaatkan efek keseimbangan kantilever. Dengan metode ini fase kontruksi struktur dapat berdiri sendiri tanpa bantuan sokongan lain.

Jembatan Lemah Ireng
Jembatan Lemah Ireng di ruas Tol Solo-Semarang. (transmargajateng.co.id)

Akan tetapi, keberadaan Jembatan Lemah Ireng sebagai jembatan terpanjang di Jateng ini sepertinya akan tergantikan oleh jembatan yang melintasi Waduk Kedung Ombo.

Baca Juga: Warga Dukuh di Desa Tertinggal Sragen Ini Dilarang Wayangan, Kenapa?

Jembatan penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, ykani Gilirejo dan Gilirejo Baru itu digadang-gadang memiliki panjang 900 meter dengan lebar tujuh meter.

Mengutip situs resmi Pemkab Sragen, karena proyek jembatan ini melintasi WKO, diperkirakan proses pekerjaannya membutuhkan waktu hingga tiga tahun. Sehingga pembangunan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga:  Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Sragen, Yuk Cari Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya