SOLOPOS.COM - tesla.com

Solopos.com, JAKARTA-Berikut ini informasi tentang alasan bos Tesla, Elon Musk belum jadi investasi di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkap alasan Elon Musk menunda investasi Tesla di Indonesia.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Luhut menyebut, tertundanya investasi Tesla bukan hanya terjadi di Indonesia tapi juga di Meksiko. Dirinya mengatakan bahwa hal tersebut terjadi imbas dari Tesla yang saat ini sedang mengalami kelebihan produksi.

Sebab, dari total 3 juta mobil listrik produksi Tesla, hanya terjual 1,8 juta unit saja dan saat ini masih terdapat 1,2 juta yang belum laku dan terjual.

Atas dasar hal itu, Luhut menyampaikan bahwa Elon tidak mau ambil risiko dengan melakukan investasi yang nantinya akan menjadi faktor kebangkrutan perusahaan miliknya.

“Elon menyampaikan dia tidak mau menjadi seperti General Motors, bangkrut karena over supply. Jadi investasi dia di Meksiko pun di-hold dulu tidak berproduksi sampai mereka memahami pasar ini,” kata Luhut di Instagram pribadinya (@Luhut.pandjaitan), Selasa (15/8/2023).

Kemudian, Luhut menuturkan bahwa selain kelebihan produksi, penundaan investasi ini juga imbas dari kondisi ekonomi global. Selain itu, faktor ketegangan antara Amerika dengan China terkait Taiwan dirasa Elon Musk masih berbahaya.

Lebih lanjut, Luhut menegaskan bahwa dengan adanya hal tersebut menjadi alasan dari pihak Tesla untuk tidak berinvestasi di seluruh dunia dalam waktu dekat.

“Dan itu dia tidak mau ambil risiko, sehingga dia dengan boardnya memutuskan tidak investasi ke mana-mana dulu. Saya ulangi, tidak investasi ke mana-mana dulu,” ujarnya. Diberitakan sebelumnya, Luhut menyebut bahwa dirinya akan melakukan perjalanan ke California guna membahas terkait dengan rencana investasi Tesla di Indonesia. “Saya akan lalukan finalisasi di California untuk intensif apakah bisa investasi (Tesla) di Indonesia,” kata Luhut di acara Nikel Conference, Selasa (25/7/2023).

Luhut kemudian menjabarkan bahwa komunikasi dengan Tesla akan terus dilakukan oleh pihak pemerintah selama kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke China. Terkait dengan kemungkinan besar Tesla akan berinvestasi di Indonesia, Luhut menjelaskan bahwa keputusan itu belum dapat diketahui saat ini. “Kita lihat saja ya,” ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Luhut Blak-blakan Ungkap Alasan Tesla Belum Jadi Investasi di RI”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya