Ternyata Ini Alasan Prabowo Joget Saat Debat Pilpres
Pasangan nomor urut 02 Capres Prabowo Subianto (kiri) melakukan gerakan menari, disaksikan Cawapres Sandiaga Uno saat mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). (Bisnis-Abdullah Azzam)

Solopos.com, JAKARTA -- Gestur Prabowo Subianto yang berjoget saat debat Pilpres 2019 membuat membuat heboh. Publik pun bertanya-tanya apa maksud Prabowo berjoget saat dirinya harus menunggu waktu untuk menjawab pertanyaan Joko Widodo (Jokowi).

Namun, tahukah ternyata salah satu capres itu memang suka berjoget. Kejadian Prabowo joget terjadi ketika Joko Widodo, Capres nomor urut 01, bertanya terkait calon legislatif mantan narapidana kasus korupsi dari Partai Gerindra. Prabowo sempat mengelak kalau dia belum mengetahui data tersebut.

Namun, Jokowi menjelaskan kembali kalau dia mengutip data dari Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menunjukkan bahwa Partai Gerinda menyumbang caleg mantan narapidana terbanyak.

"ICW memberikan data jelas sekali. Ada 6 yang bapak calonkan. Dan yang tanda tangan dalam pencalegan itu adalah ketua umumnya, dan sekjen. Artinya bapak tanda tangan," ungkap Jokowi.

Jokowi yang sudah menyelesaikan kalimatnya seketika membuat Prabowo langsung ingin menimpali. "Boleh jawab?" tanya Prabowo kepada moderator.

Ira Koesno selaku moderator pun menjawabnya dengan kalimat “Tidak Boleh.” Larangan ini diberikan karena kubu Jokowi-Ma'ruf masih memiliki waktu 30 detik.

Pada momen inilah terjadi adegan unik yakni, Prabowo melenggak-lenggokkan tangannya, berjoget gemulai dengan rada kaku setengah badan selama beberapa detik. Spontan, Sandiaga Uno langsung memijat kedua bahu Prabowo.

Adegan itu sontak menjadi perbincangan warganet, banyak juga yang menyebut Prabowo menampilkan gerakan Tari Jaipong. Namun, aksi joget Prabowo ini bukan yang pertama. Rupanya ada beberapa kejadian saat capres nomor urut 02 itu melakukan joget.

Prabowo sempat beberapa kali berjoget seperti, joget poco-poco dengan Dubes Jepang pada 2015, saat pendaftaran sebagai capres untuk pilpres 2019 pada Agustus 2018, penetapan nomor urut capres-cawapres pada September 2018, dan ketika bertemu dengan ribuan pengemudi ojek online pada Desember 2018.

Masih terkait soal joget, sebuah video di Youtube menampilkan wawancara Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Danhil Anzar dengan Prabowo. "Bapak biasanya kalau lagi gembira, kemudian bapak joget tuh. Jogetnya tuh seperti itu tradisional sekali. Itu apa maksudnya, pak?" tanya Danhil kepada Prabowo.

Prabowo menjawab ada tiga alasan kenapa dia kerap berjoget. Pertama, irama musik membawa orang condong untuk ingin joget. Kedua, tradisi tentara berjoget adalah aktivitas yang paling digemari. "Kita dulu, tradisi tentara, prajurit itu paling seneng ya joget," ungkap Prabowo.

Ketiga, Prabowo mengaku keluarganya punya andil besar. "Orang tua saya. Mungkin, ya orang tua saya Jawa, dari Jawa Tengah. Jadi dia itu kalau tiap ada berita gembira itu suka joget. Kakek saya juga, joget seperti wayang orang gitu lho," tutur Prabowo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom