Ternyata Cuma Segini Biaya Pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok

Siapa sangka ternyata biaya pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok yang terlihat megah ini ternyata cuma menghabiskan anggara segini?

 Foto udara tikungan ke-17 dan lintasan lurus Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan ke-17 dan lintasan lurus Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

Solopos.com, MATARAM — Kira-kira berapa sih biaya pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)?

Baru-baru ini, sirkuit yang memiliki panjang sekitar empat kilometer ini mencuri perhatian pembalap internasional, Valentino Rossi.

PromosiMenelaah Pesan Moral pada Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng

Rossi saat diwawancari oleh presenter Trans 7, Lucy Wiryono mengenai tantangan balapan di Mandalika, dia menyebut perlu mencobanya lebih dulu. Kendati demikian, dia sudah melihat ada sejumlah tikungan yang akan membuatnya melaju cepat.

Baca Juga:  Si Kecil Sulit Maem? Baca Doa Ini Agar Anak Mau Makan

“Saya sudah melihat tata letaknya [lay out], dan video lintasannya. terlihat ada beberapa tikungan untuk melaju cepat, itu akan menyenangkan untuk balapan. Tapi untuk memahami sirkuit secara keseluruhan, trek harus selesai lebih dulu. Dan saya turun langsung dengan motor untuk mencobanya,” kata Rossi dalam wawancara tersebut yang diunggah ulang oleh akun Youtube, Nurdien Korindo, (20/5/2021) lalu.

Namun, siapa sangka pembangunan Sirkuit Mandalika megah di Lombok ini tak menghabiskan anggaran hingga Rp1 triliun?

Baca Juga:  Siapakah Arsitek Sirkuit Mandalika yang Curi Perhatian Rossi?

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer menyebutkan bahwa proyek sirkuit ini menelan biaya Rp800 miliar. Namun, jumlahnya belum pasti, yang sudah pasti dana sudah keluar Rp122 miliar untuk membuat jalan dasarnya.

“Fase satunya ini Rp 122 miliar, panjangnya 4,3 km, paket dua saya kasih range aja ya karena belum ada resminya, itu antara Rp 650 miliar sampai Rp 700 miliar. Jadi total investasi nggak sampai Rp 1 triliun, paling Rp 800an miliar,” ucap dia, dilansir Detik.com, dua tahun yang lalu.

Baca Juga: Nikita Mirzani Singgung Wanita Berhijab Hamil Duluan, Sindir Siapa?

Biaya Pembangunan Sirkuit Mandalika Lombok Bukan Rp3,6 T

Hal ini juga membantah isu tentang pembangunan sirkuit yang mencuri perhatian Rossi ini mencapai Rp3,6 triliun. “Jadi pembangunan street circuit Mandalika bukan dibangun dengan biaya Rp3,6 triliun,” kata dia, dikutip dari situs resmi ITDC.

Untuk mencukupi biaya pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok ini, ITCD juga mendapatkan pinjaman dari Asian Infrastructure Investment Bank senilai US$248,4 juta atau sekitar Rp3,4 triliun.

Baca Juga:  Apa Doa Agar Anak Tidak Rewel, Terutama di Malam Hari?

Dana tersebut juga untuk membangun kawasan pendukungnya, seperti hotel, balai pertemuan, rumah sakit hingga pusat pusat perbelanjaan di sekitar sirkuit.

“Kita kan sirkuit saja, kalau hotel dan lain itu investor. Sudah masuk US$1,3 miliar, mereka akan bangun hotel dan kawasan pendukungnya kayak mal, dan sebagainya. Investor dari Prancis, itu Vinci,” tegas dia.

Baca Juga:  Kondisi Terbaru Tukul Arwana: Berat Badan Menurun, Tubuh Terlihat Kurus

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Shin Tae-yong Beberkan Strategi Indonesia ke Semifinal SEA Games 2021

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengatakan menyiapkan taktik khusus untuk melawan Myanmar.

Lawan Indonesia di Semifinal SEA Games, Antara Malaysia dan Thailand

Siapa lawan Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2021 baru diketahui nanti sore, dan kemungkinan besar antara Malaysia dan Thailand.

Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Ini Calon Lawannya

Timnas Indonesia U-23 kemungkinan besar menghadapi Malaysia atau Thailand di semifinal sepak bola putra SEA Games 2021.

Timnas Indonesia Bekuk Myanmar 3-1, Melenggang ke Semifinal SEA Games

Timnas sepak bola Indonesia berhasil lolos ke semifinal SEA Games 2021 membekuk Myanmar 3-1.

Live Streaming MotoGP Prancis di Sini, Jangan Ketinggalan!

Balapan seri ketujuh MotoGP 2022 di Prancis akan disiarkan langsung di televisi dan secara live streaming.

Atasi Indonesia 3-0, India Cetak Sejarah Juara Piala Thomas

India untuk kali pertama dalam sejarah merebut Piala Thomas.

Link Live Streaming SEA Games 2021: Indonesia U-23 vs Myanmar U-23

Timnas Indonesia U-23 hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal cabor sepak bola SEA Games 2021.

Liverpool Juara Piala FA, Ini Rekor Anyar Jurgen Klopp

Trofi Piala FA membuat Jurgen Klopp menjadi manajer kedua Liga Inggris yang menjuarai Piala Eropa atau Liga Champions, Piala FA, Piala Liga dan juara liga setelah Alex Ferguson bersama Manchester United.

Bicara Liverpool Quadruple, Jurgen Klopp: Tunggu City Lawan West Ham

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan peluang timnya merebut empat trofi musim ini (quadruple) akan menjadi lebih jelas pada Minggu ketika pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester City dijadwalkan bermain.

Persis Solo Datangkan Kiper Baru Lagi, Kali Ini Asal Borneo FC

Anak dari legenda sepak bola Manado, Hendra Pandeynuwu tersebut menantikan kehangatan dari dukungan suporter Persis Solo.

Final Piala FA 2022: Ini Fakta Menarik di Balik Liverpool Juara

Chelsea dua kali gagal menaklukkan Liverpool dalam dua kali final di turnamen domestik musim ini.

SEA Games 2021: Siaran Langsung Hari Ini, Preview Indonesia Vs Myanmar

Kemenangan atas Myanmar akan memberikan Indonesia minimal berada di peringkat kedua klasemen akhir, karena Vietnam hanya akan menghadapi Timor Leste di laga terakhir mereka.

Piala Uber 2022: Tumbangkan China di Final, Korea Selatan Juara

Pertemuan antara Korsel dan China di final Piala Uber 2022 merupakan pengulangan dari laga serupa turnamen edisi 2010 yang berlangsung di Malaysia.

SEA Games 2021: Jajal Lapangan, Ini Fokus Tim Bulu Tangkis Indonesia

Tim bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games 2021 diperkuat 10 pemain putra dan 10 putri.

Piala Thomas-Uber 2022: Ini Peringkat BWF Pemain Indonesia dan India

Sebelumnya, Indonesia telah meraih gelar juara Piala Thomas 2020 setelah pada laga final menumbangkan China dengan skor 3-0 di Denmark.