Ternyata Bukan Kali Pertama Kafe Black Arion di Gedongan Colomadu Ditutup

Penutupan Kafe Black Arion kali ini bukanlah kali yang pertama. Penutupan pertama terjadi pada awal Januaro 2022 lalu saat kafe itu masih bernama D'Brothers.

 Perwakilan warga Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jumat (23/9/2022) menggeruduk Kantor Bupati Karanganyar, menagih janji Bupati Karanganyar mengosongkan kafe Black Arion di Desa Gedongan. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Perwakilan warga Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jumat (23/9/2022) menggeruduk Kantor Bupati Karanganyar, menagih janji Bupati Karanganyar mengosongkan kafe Black Arion di Desa Gedongan. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Keinginan warga Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar agar Kafe Black Arion di desa mereka ditutup akhirnya terpenuhi. Kafe yang dulu bernama D’Brothers itu disegel oleh Satpol PP Karanganyar pada Selasa (27/9/2022).

Apakah penutupan Kafe Black Arion akan mengakhiri keresahan warga Desa Gedongan? Tidak ada yang tahu. Berdasarkan pengalaman, penutupan kafe yang dituding menjual minuman keras dan memutar musik keras itu tak hanya terjadi kali ini.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sebelum bernama Black Arion, kafe tersebut bernama D’Brothers. Operasional kafe ini yang membuat warga setempat tak nyaman.  “Berdirinya Kafe D’Brothers telah terbukti menimbulkan keresahan warga masyarakat. Di antaranya fakta operasionalnya adalah untuk cafe dan bar yang menjual miras, waktu operasionalnya sampai dini hari, suara musik yang keras mengganggu pasien rawat inap di Puskesmas Il Colomadu, perumahan terdekat, pondok tahfiz, masjid terdekat, dan lain-lain,” ujar Ketua Forum Masyarakat Gedongan Bersatu (FMGB), Bandung Gunadi di depan Bupati, awal Januari 2022 lalu.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gedongan, Tri Rohmadi, mengungkapkan bahwa proses sewa lahan di lokasi berdirinya kafe tidak melalui pertimbangan BPD.

Baca Juga: Akhirnya, Kafe Black Arion di Gedongan Colomadu Karanganyar Ditutup

“Proses sewa lahan lungguh/kas desa yang dilakukan kepala desa tidak transparan dan tanpa sepengetahuan wakil dari masyarakat dalam hal ini BPD Desa Gedongan. Tidak satu pun anggota BPD yang tahu. Sehingga kontrak sewa lahan tersebut tidak sah menurut undang-undang. Tanah yang ditempati juga bukan tanah kering, sehingga mendirikan bangunan permanen di atasnya jelas melanggar undang-undang,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Setelah menerima banyak protes, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, akhirnya memerintahkan Satpol PP untuk menutup Kafe D’Brothers pada 4 Januari 2022 lalu. Namun, ketenangan itu hanya seumur jagung.

Warga kembali gerah setelah Kafe D’Brothers kembali beroperasi pada Maret 2022. Namun mereka memakai nama baru, yakni Black Arion. Kala itu warga menuding pembukaan kembali kafe tersebut tak prosedural.

Baca Juga: Tak Terima Ditulis “Wanted”, Kades Gedongan Karanganyar Ancam Perkarakan Pelaku

Terkait pembukaan Kafe D’Brothers dengan nama baru itu, FMGB bersama Kades Gedongan, Badan Permusyawaratan Desa, perwakilan pemerintah Kecamatan, Polsek, dan Koramil Colomadu telah melakukan audiensi pada Rabu (3/3/2022).

“Ada audiensi FMGB  dengan Kades Gedongan juga dihadiri BPD, Camat, dan aparat Polsek dan Koramil. Hasilnya, Black Arion Cafe diperintahkan untuk ditutup. Surat ditandatangani Kepala Desa, Ketua FMGB, dan BPD. Surat diantar bersama-sama ke pihak kafe,” ujarnya, Jumat (4/3/3022).

Proses Panjan dan Drama

Kini, Kafe Black Arion akhirnya ditutup setelah melalui proses dan drama panjang. Proses yang tersebut diwarnai aksi unjuk rasa warga hingga drama soal poster Kades Gedongan, Tri Wiyono, yang ditulis “Wanted”.

Penutupan Kafe Black Arion hari ini dilakukan aparat Satpol PP dengan pengamanan personel polisi dan TNI. Mereka menutup tulisan dan logo Black Arion yang berada di gedung bagian depan serta di pintu masuk.

Baca Juga: Bupati Karanganyar Sebut Kades Gedongan Kabur Saat Black Arion akan Ditutup

Sementara itu, dalam surat Sekretariat Daerah Karanganyar bernomor 800/5.08f.1.3, Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno, atas nama Bupati Karanganyar memerintahkan kepada Satpol PP, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) melakukan penutupan kafe tersebut.

“Menindaklanjuti Keputusan Bupati Karanganyar Nomor 300/866 Tahun 2022 tentang Pencabutan lzin Usaha atas nama CV Mitra Mega Jaya dan Penghentian Kegiatan Usaha Kafe Black Arion dengan melakukan penutupan dan penyegelan terhadap tempat usaha Kafe Black Arion Jl. Adi Sumarmo Nomor 196, Sawah, Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu,” bunyi surat tertanggal 26 September 2022 tersebut.

Apakah penutupan kafe Black Arion untuk kali “kedua” ini masalah akan benar-benar selesai? Ataukah pengelola akan kembali membuka kafe itu dengan nama yang baru lagi? Waktu yang akan menjawab.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Belum Sepakat Nilai UMK

      Sejumlah wilayah di Soloraya hingga Kamis (1/12/2022) belum berhasil mencapai kata sepakat dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK/UMP).

      Tasnim Desak Densus 88 Beri Keterangan Terkait Terduga Teroris di Parangjoro

      Tim Advokasi Nahi Munkar (Tasnim) mendesak kepada Densus 88 untuk segera menyerahkan surat penangkapan dan penyitaan barang kepada keluarga

      Penghentian Siaran TV Analog Belum di Boyolali, Warga Bisa Nonton tanpa STB

      Siaran analog masih bisa ditonton terbukti dengan warga Desa Candigatak, Cepogo, Boyolali, Siti Khotijah, yang masih bisa mengaksesnya tanpa mengaktifkan set top box (STB) yang ia punya.

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).