Ternyata Bukan Gibran, Ini Kepala Daerah Termuda di Jawa Tengah, Suami Artis
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, bersama istri yang juga artis, Chacha Frederica. (suara.com)

Solopos.com, SEMARANG -- Hari ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melantik 17 bupati dan wali kota terpilih hasil Pilkada 2020. Dari jumlah tersebut, salah satunya ada  Gibran Rakabuming Raka. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dilantik jadi Wali Kota Solo.

Gibran merupakan salah satu dari sedikit kepala daerah berusia kurang dari 35 tahun. Namun, Gibran ternyata bukanlah. Ada kepala daerah yang beberapa tahun lebih muda dari ayah Jan Ethes tersebut. Dia adalah Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. Suami dari artis Chacha Frederica itu baru saja berulang tahun yang ke-31 pada 19 Februari lalu. Dico kelahiran 1990.

Sementara Gibran lahir pada 1 Oktober 1987 atau berusia 33 tahun. Di luar Dico dan Gibran, ada sejumlah bupati lain di Jateng yang berusia 35 tahun ke bawah dan semuanya adalah perempuan. Mereka adalah Bupati Demak, Esti’anah ( 28 Mei 1985/35 tahun); dan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuningsih Pratiwi (11 April 1987/33 tahun).

Baca juga: Lengkap! Ini Pidato Pertama Gibran Sebagai Wali Kota Solo

Lantas, siapa kepala daerah tertua di Jateng ? Gelar itu jatuh kepada Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Wanita yang untuk kali kedua menjabat sebagai Bupati Grobogan itu berusia 60 tahun. Ia lahir tanggal 5 September 1960. Namun, ia belum dilantik untuk periode keduanya, karena masa jabatan periode pertama belum habis. Termasuk Bupati terpilih Demak, Esti'anah.

Di bawahnya adalah Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, yang berusia 57 tahun. Istri dari mantan Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, itu lahir 15 Maret 1963.

Pelantikan 17 pasang kepala daerah di Jateng hari ini digelar sebagian online dan offline. Pelantikan offline digelar di Gedung Gardhika Bhakti Praja kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Ada 3 pasang kepala daerah yang datang langsung, yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal. Hal itu dilakukan untuk penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Mantan Wabup Sukoharjo Purwadi Tak Hadiri Pelantikan Etik-Agus

"Sebelum ambil sumpah apakah saudara saudari bersedia diambil sumpahnya. Sumpah yg akan saudara saudari ucapkan mengandung tanggungjawab," kata Ganjar saat akan mengambil sumpah para kepala daerah, Jumat (26/2/2021).

Berikut nama-nama 17 kepala daerah yang dilantik Ganjar hari ini:

- Kabupaten Purbalingga: Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono
- Kabupaten Kebumen: Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih
- Kabupaten Wonosobo: Afif Nurhidayat-Muhammad Albar
- Kabupaten Boyolali: Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan
- Kabupaten Klaten: Sri Mulyani-Yoga Hardaya
- Kabupaten Sukoharjo: Etik Suryani-Agus Santosa
- Kabupaten Wonogiri: Joko Sutopo-Setyo Sukarno
- Kabupaten Blora: Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati
- Kabupaten Semarang: Ngesti Nugraha-Basari
- Kabupaten Kendal: Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki
- Kabupaten Pemalang: Mukti Agung Wibowo-Mansur Hidayat
- Kabupaten Rembang: Abdul Hafidz - Mochamad Hanies Cholil Barro
- Kabupaten Purworejo: Agus Bastian - Yuli Hastuti
- Kota Magelang: Muchamad Nur Aziz-M Mansyur
- Kota Solo: Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa
- Kota Semarang: Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu
- Kota Pekalongan: Achmad Afzan Arslan Djunaid-Salahudin

Untuk diketahui, pada Desember 2020 lalu ada 21 daerah di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada Serentak 2020. Sebanyak 4 daerah lain kepala daerah terpilihnya belum akan dilantik karena masa jabatan sebelumnya belum rampung.

"Grobogan, Demak, Sragen, dan Kabupaten Pekalongan belum ikut dilantik karena kepala daerahnya belum berakhir masa jabatannya," kata Divisi Data dan Informasi KPU Jateng Paulus Widiyanto kepada wartawan lewat pesan singkat.

Sumber: Detik.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom