SOLOPOS.COM - Puluhan siswa SMA Santo Josep, Rabu (26/9/2012), mengikuti paparan animasi 3D.

Puluhan siswa SMA Santo Josep, Rabu (26/9/2012), mengikuti paparan animasi 3D.

SOLO—Puluhan siswa Kelas XI SMA Santo Josep Solo, Rabu (26/9/2012), mengikuti pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bedannya pelajaran TIK hari itu mengambil materi animasi tiga dimensi (3D). Materi disampaikan animator dari Viscosity Studios Animation Solo, A Doni P.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Guru TIK SMA Santo Josep, Susilo, Rabu (26/9/2012), kepada Solopos.com, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan menambah wawasan siswa tentang dunia animasi.

“Selama ini kami baru mempelajari animasi dua dimensi (2D) dengan Flash. Jadi untuk lebih menambah wawasan siswa kami menyelenggarakan kegiatan siswa, dan sangat bermanfaat. Siswa jadi tahu program-program animasi,” kata Susilo.

Dalam kegiatan itu, Doni menerangkan tentang program animasi 3D. Di antaranya animasi dengan teknik stop motion.  Animasi ini berupa rekaman frame-frame dari gerakan yang terhenti, kemudian dirangkai menjadi satu.

“Jadi sebenarnya membuat animasi itu mudah. Misalkan penghapus pas posisi tegak lurus difoto, lalu miring 45 derajat difoto, 90 derajat di foto hingga posisi 180 derajat difoto. Foto-foto itu kemudian dirangkai menjadi animasi penghapusbergerak sendiri,”ujar Doni mencontohkan.

Menanggapi animasi stop motion tersebut, Susilo mengaku banyak siswanya yang surprise. “Ke depan program kami akan bikin animasi stop motion. Ternyata mudah,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya