SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit radang amandel. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO - Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga, karena memengaruhi pergaulan. Ketika gigi dan mulut bermasalah, tentu membuat penderitanya tidak nyaman. Apalagi jika disertai bau tak enak, jelas mengganggu seseorang dalam berkomunikasi.

Selain sebagai tanda gigi dan mulut yang sedang bermasalah, ternyata bau mulut juga menjadi tanda radang amandel atau tonsilitis. Radang amandel adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan atau inflamasi. Umumnya dialami oleh anak-anak, kendati demikian radang amandel juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kareni umumnya dialami anak-anak, orang tua tentu perlu menaruh perhatian jika buah hatinya yang selama rewel dan sesak napas. Tidak hanya itu, sang anak juga mengalami demam dan mengeluhkan sakit pada tenggorokannya.

“Sebaiknya segera memeriksakan ke dokter, bisa jadi bau tak sedap itu karena ada gangguan pada amandelnya,” jelas dr. Yan Wirayudha, Sp.THT ketika bertemu Solopos.com, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, Selasa (3/12/2019).

Jangan sampai radang amandel dibiarkan, karena tambah dia, bisa menjadi radang amandel kronis. Pada radang amandel kronis, infeksi atau peradangan bisa berulang atau kambuh-kambuhan. Seiring waktu, peradangan akan menyebabkan terbentuknya batu amandel yang berisi bakteri dan berbau busuk.

Semakin dewasa dan seiring bertambahnya usia, ukuran amandel cenderung semakin mengecil. Amandel yang terlalu besar dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Hal ini karena amandel yang menjadi bagian dalam sistem limfatik ini ternyata memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh seseorang.

Bisa dikatakan amandel adalah garda terdepan pertahanan tubuh dalam melawan berbagai infeksi. Kenapa demikian? Dalam keseharian, seseorang ketika bernapas tidak menyadari banyak bakteri dan virus yang terhirup. Ketika bakteri dan virus masuk saat bernapas, amandel inilah yang bertugas untuk mengadang bakteri atau virus penyebab infeksi tubuh.

“Oleh karena itu ketika seseorang mengalami masalah pada amandel, hal tersebut juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh,” ujar Yan Wirayudha akrab disapa dr. Yan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya