Ternyata Banyak yang Tidak Tahu Pemalang, Kenapa ya?

Banyak yang salah paham dan mengira Kabupaten Pemalang itu sama dengan Kota Malang yang ada di Jawa Timur.

 Pantai Widuri (Instagram/@pantai_widuri)

SOLOPOS.COM - Pantai Widuri (Instagram/@pantai_widuri)

Solopos.com, PEMALANG — Sebuah kota atau kabupaten bisa dikenal luas karena ada keunikan yang terlebih dahulu ditonjolkan. Misalnya seperti Kota Solo yang dikenal sebagai kota batik dan sungai Bengawan Solo. Sekarang Kota Solo makin dikenal karena merupakan kampung halaman Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Kota Semarang, dikenal karena lumpianya yang khas dan juga sentra bandeng presto serta tahu bakso yang tiada tandingan. Hal-hal unik itulah yang saat ini diunggulkan setiap kota dan kabupaten sebagai materi promosi.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Namun berbeda dengan Kabupaten Pemalang yang merupakan salah satu kabupaten di pantura Jawa Tengah ini. Meskipun kabupaten ini menjadi jalur lalu lintas pantura, banyak orang yang ternyata belum mengenal kawasan ini dan bahkan banyak yang salah paham dan mengira Kabupaten Pemalang itu sama dengan Kota Malang yang ada di Jawa Timur.

Jembatan Comal
Jembatan Comal (Instagram/@wonderfulpemalang)

Baca Juga : Fasilitas Isoter di Gedung Baru DPRD Pemalang Sepi, Kenapa?

Mengutip dari laman Instagram @pemalang.update, Selasa (24/8/2021), Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengakui pihaknya masih perlu lebih mempromosikan potensi yang ada di wilayahnya karena banyak masih belum tahu mengenai Kabupaten Pemalang tersebut. Agung dalam pertemuan virtual Investor Daily Summit 2021 mengatakan bahwa pihaknya banyak membutuhkan promosi dan publikasi lebih lagi untuk memperkenalkan Kabupaten Pemalang beserta kearifan lokal di dalamnya.

Beberapa netizen memberikan komentarnya mengenai Kabupaten Pemalang, di antaranya ada beberapa komentar yang mengatakan bahwa Pemalang adalah kawasan yang memiliki jalan yang rusak dan belum diperbaiki hingga sekarang. Kerusakan jalan yang ada di kabupaten ini merata, dari perkotaan hingga perdesaan.

@zima_aka “Dalane rusak kabeh.. Nganti tekan deso2 rusak..ora ono perbaikan BABAR BELAS…”

Baca Juga : Bubur Blohok Ibu Sinok di Pemalang Ini Jadi Buruan Pembeli

@mazbanong “dalane amburadul … Ya Kota pemalang .

@dedy.arizal “Pemalang terkenal min, jre sapa ora terkenal….terkenal dalan rusake”

Ada pula netizen yang menceritakan banyaknya orang yang tidak tahu Kabupaten Pemalang  saat memperkenalkan mereka diri bahwa mereka dari Kabupaten Pemalang.

@tikaaissyah “Benerr…jaman kuliah ditanyain sama Staff kampus pas ngurus berkas gitu terus ditanyain asli dari mana, dari Pemalang pak terus si bapak bilang gini “Wah jauh yaa dari Malang” ? Pemalang pak!! Pemalang sih mana? Deket Tegal sama Pekalongan ? Pokoknya mereka taunya Tegal, Pekalongan ajah”

@muflikhin.kalimas “bener bgtt.. sya asli pemalang.. dan tinggal dijakarta jga org bnyak yg gk tau kota pemalang dan mereka menganggapnya pemalang itu malang…”

Nasi Grombyang
Nasi Grombyang (Suara.com)

Sebagai kabupaten yang berada di jalur pantura Jawa Tengah, Kabupaten Pemalang sebenarnya banyak memiliki keunikan, di antaranya adalah jembatan. Kabupaten Pemalang ini banyak dilewati oleh sungai dan jika melihat sejarah, kegiatan lalu lintas sungai kerap dilakukan masyarakat Pemalang saat itu.

Karena banyaknya sungai, Kabupaten Pemlang yang saat itu dibawah kekuasaan Adipati Anom, banyak dibangun jembatan untuk memperlancar lalu lintas darat. Pembangunan jembatan saat itu dibawah pengawasan Patih Sampun alias Salamhudin.

Hingga saat ini banyak ditemui jembatan-jembatan di Kabupaten Pemalang, salah satunya adalah Jembatan Comal. Selain jembatan, dari sisi kuliner, Kabupaten Pemalang juga memiliki kuliner-kuliner unik, salah satunya adalah nasi grombyang yang mirip dengan sajian rawon di Jawa Timur namun menggunakan daging kerbau.

Dari sisi wisata, Kabupaten Pemalang kaya akan wisata alam, seperti daerah wisata di lereng Gunung Slamet, beragam curug, bukit pandang hingga pantai. Masing-masing tempat wisata ini memiliki keindahan yang tiada tara.

Sumber: Instagram

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Misteri Pembunuhan Keluarga di Magelang Mulai Terkuak, Pelaku Diduga Anak Kedua

      Teka-teki seputar kasus pembunuhan tiga orang dalam satu keluarga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), mulai terkuak.

      24 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Belajar Kerja Sama Sister City dari Magelang

      Kerja sama antara Kota Magelang dan Kota Tula, Rusia menjadi salah satu bahasan pada Rapat Koordinasi Kerja Sama Daerah dengan Pihak Luar Negeri, yang diselenggarakan di Hotel Aston Inn, Senin (28/11/2022).

      Liburan ke Benteng Portugis Jepara, Bangunan Bersejarah di Tepi Jawa

      Benteng Portugis merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jepara yang menyajikan perpaduan bangunan bersejarah dengan panorama alam di tepi laut.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik Semarang Hari Ini (29/11/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 29 November 2022.

      Perhatian! Ini Cara Urus BLT Tidak Cair di Semarang karena NIK Ganda

      Sejumlah warga Kota Semarang penerima manfaat kesulitan mencairkan bantuan langsung tunai atau BLT karena mengalami NIK ganda.

      3 Orang Sekeluarga di Magelang Diracun, Pelaku Ditangkap

      Polisi telah menangkap terduga pelaku yang melakukan pembunuhan terhadap tiga orang sekeluarga dengan cara memberikan racun.

      Innalillahi, Tabrak Truk, Pelajar Perempuan Kudus Meninggal Dunia

      Seorang pelajar perempuan di Kudus meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut menabrak sebuah mobil truk boks.

      Cekcok, Suami di Batang Tembak Istri dengan Airsoft Gun

      Seorang suami di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), tega tembak istri dengan airsoft gun setelah keduanya terlibat pertengkaran.

      Pameran Fotografi di Salatiga, Sajikan Kondisi Rawa Pening Terkini

      Sebuah pameran fotografi yang membahas seputar problematika di Rawa Pening digelar di Salatiga.

      Berakhir, GIIAS Semarang Tarik Minat 30.000 Pengunjung

      GIIAS The Series 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), ternyata sanggup menarik perhatian 30.000 lebih pengunjung.

      Bus Trans Semarang Ramah Disabilitas Resmi Mengaspal, Begini Tampilannya

      Bus Trans Semarang yang ramah bagi penyandang disabilitas resmi meluncur di Kota Semarang.

      Tetapkan UMP Jateng 2023 Naik 8,01%, KSPI: Ganjar Belum Berpihak ke Buruh

      Serikat buruh yang tergabung dalam KSPI Jateng menilai kenaikan UMP 2023 sebesar 8,01 persen belum mengakomodasi kelompok buruh.

      Diduga Diracun, 3 Orang Sekeluarga di Magelang Meninggal

      Tiga orang dalam satu keluarga di Magelang meninggal dunia setelah dibunuh dengan cara diracun.

      Ganjar Sebut Backingan Tambang Ilegal Gede-Gede, Tapi Tidak Tahu Siapa

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan adanya peran 'orang besar' sebagai backing tambang ilegal di wilayahnya.

      Ngaku, Bupati Pemalang Terima Uang dari Promosi Jabatan

      Bupati nonaktif Pemalang, Mukti Agung Wibowo, mengaku telah menerima uang setoran dari para pejabat Pemkab Pemalang yang menjadi terdakwa atas kasus suap jual beli jabatan.