Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

 Foto udara tikungan ke-14 dan tikungan-15 lintasan Mandalika International Street Circuit dengan latar Pantai Lombok, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Antara/Ahmad Subaidi)

SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan ke-14 dan tikungan-15 lintasan Mandalika International Street Circuit dengan latar Pantai Lombok, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, SOLO – Proses pengerjaan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah selesai. Bahkan, sirkuit tersebut akan menjadi venue World Superbike pada tahun ini. Serta dikabarkan masuk dalam kalender Moto GP musim 2022.

Lantas apa keistimewaan Sirkuit Mandalika? Salah satu yang menonjol adalah kualitas aspalnya. Pengerjaan aspal di Sirkuit Mandalika telah selesai pada 15 Agustus 2021 lalu. Saat itu, lapisan aspal ketiga atau yang terakhir telah dihamparkan.

Mengutip detik.com, PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) mendatangkan langsung aspal dari Inggris untuk memoles lapisan ketiga atau lapisan paling atas. Adapun lapisan aspal atas yang digunakan berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA).

Baca Juga: Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Direktur Konstruksi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dwianto Eko Winaryo, mengungkapkan keunggulan aspal tersebut. Salah satunya adalah membuat pembalap tidak mudah terjatuh saat balapan dalam kondisi hujan.

Kualitas aspal milik Sirkuit Mandalika ini dianggap lebih unggul ketimbang aspal milik Sirkuit Sepang, Malaysia. Pasalnya, aspal jenis SMA ini tergolong baru dan hanya ada beberapa sirkuit yang menggunakan.

“Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena produknya baru keluar 2015. Yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Phillip Island. Sepang pun belum, karena dibangun 2012 pada saat itu belum ada aspal seperti ini,” kata Dwianto.

Sebagai informasi, Stone Mastic Asphalt (SMA) merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan supaya kuat, dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan.

Baca Juga: Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Selain aspal, pemandangan di Sirkuit Mandalika juga menjadi keunggulan tersendiri. Dikutip dari Okezone.com, Lokasi Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), membuat trek tersebut di bangun di sebuah pulau yang dikelilingi lautan.

Baik pembalap, kru, hingga penonton akan siduguhkan panorama perbukitan yang dikelilingi laut. Terlebih, pemandangan laut di Lombok cukup mengesankan. Dua keunggulan itu akan menjadi daya tarik tersendiri dari Sirkuit Mandalika.


Berita Terkait

Berita Terkini

Selamat! Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Thomas 2021

Tim Indonesia berhasil memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Hal itu setelah mereka mengalahkan Malaysia di babak perempatfinal dengan skor 3-0.

Jawa Barat Juara Umum PON XX Papua, Jateng Digeser Bali

PON XX Papua secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, K.H. Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021) malam.

Piala Thomas: Susunan Pemain Indonesia vs Malaysia, Vito Main Terakhir!

Pebulu tangkis Sukoharjo, Shesar Hiren Rhustavito, kembali masuk dalam skuad Tim Thomas Indonesia.

Jadwal Liga Italia Akhir Pekan Ini, Big Match Juventus vs Roma

Pekan kedelapan Liga Italia akan menyajikan sejumlah laga menarik.

Mahasiswi UNS Solo Raih Medali PON Saat Hamil, Rektor: Kuliah Gratis!

Mahasiswi UNS Solo, Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

Sedang Hamil, Mahasiswi UNS Solo Raih Medali Pencak Silat PON XX Papua

Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.

Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, K.H. Maruf Amin dijadwalkan menutup gelaran PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

Ini Dia Shesar Hiren Rhustavito, dari Sukoharjo Melejit di Piala Thomas

Shesar Hiren Rhustavito mencuri perhatian di panggung Piala Thomas 2021. Pebulu tangkis asal Sukoharjo itu menjadi penentu kemenangan Indonesia dalam dua laga beruntun.

Ini Jadwal Pertandingan Liga 1 di Stadion Manahan Solo

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Stadion Manahan Solo bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan Liga 1.

Persis Solo Buka Lowongan Kerja, Netizen: Lowongan Pelatih Enek Ora?

Klub Liga 2, Persis Solo, membuka lowongan kerja untuk posisi social media officer. Namun, banyak warganet yang menanyakan lowongan pelatih kepala.

Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Ini, Ada Leicester vs MU

Liga Premier Inggris memasuki pekan ke-8 pada akhir pekan ini. Sejumlah laga menarik bakal tersaji.

Disiarkan TVRI, Ini Jadwal Piala Thomas Indonesia vs Malaysia Malam Ini

Sesuai hasil undian pada Kamis (14/10/2021), Indonesia akan menghadapi Malaysia di babak perempatfinal Piala Thomas 2021.

Dibekuk Thailand, Indonesia Tersingkir di Perempatfinal Piala Uber

Tim Indonesia gagal melaju ke babak semifinal Piala Uber 2021. Hal itu terjadi setelah mereka dibekuk tim Thailand di babak perempatfinal.

Anggota Paskhas AU Bawa Jateng Tambah Medali Emas PON Papua

Penerjun payung, Jawa Tengah (Jateng), Fatoni, berhasil menambah koleksi emas untuk Provinsi Jawa Tengah di ajang PON XX Papua.

Liga 1 Digelar di Stadion Manahan Solo, PSIS vs Persik Jadi Pembuka

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Stadion Manahan bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan Liga 1.

Cetak Gol Penyelamat PSG Pati, Syaiful Indra: Saya Sebut Nama Istri

Gol dramatis Syaiful Indra Cahya di detik-detik akhir dalam pertandingan PSG Pati melawan Persijap Jepara menyelamatkan timnya.