Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

 Foto udara tikungan ke-14 dan tikungan-15 lintasan Mandalika International Street Circuit dengan latar Pantai Lombok, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Antara/Ahmad Subaidi)

SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan ke-14 dan tikungan-15 lintasan Mandalika International Street Circuit dengan latar Pantai Lombok, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Antara/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, SOLO – Proses pengerjaan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah selesai. Bahkan, sirkuit tersebut akan menjadi venue World Superbike pada tahun ini. Serta dikabarkan masuk dalam kalender Moto GP musim 2022.

Lantas apa keistimewaan Sirkuit Mandalika? Salah satu yang menonjol adalah kualitas aspalnya. Pengerjaan aspal di Sirkuit Mandalika telah selesai pada 15 Agustus 2021 lalu. Saat itu, lapisan aspal ketiga atau yang terakhir telah dihamparkan.

Mengutip detik.com, PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) mendatangkan langsung aspal dari Inggris untuk memoles lapisan ketiga atau lapisan paling atas. Adapun lapisan aspal atas yang digunakan berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA).

Baca Juga: Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Direktur Konstruksi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dwianto Eko Winaryo, mengungkapkan keunggulan aspal tersebut. Salah satunya adalah membuat pembalap tidak mudah terjatuh saat balapan dalam kondisi hujan.

Kualitas aspal milik Sirkuit Mandalika ini dianggap lebih unggul ketimbang aspal milik Sirkuit Sepang, Malaysia. Pasalnya, aspal jenis SMA ini tergolong baru dan hanya ada beberapa sirkuit yang menggunakan.

“Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena produknya baru keluar 2015. Yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Phillip Island. Sepang pun belum, karena dibangun 2012 pada saat itu belum ada aspal seperti ini,” kata Dwianto.

Sebagai informasi, Stone Mastic Asphalt (SMA) merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan supaya kuat, dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan.

Baca Juga: Meninggal di Balap World Supersport 300, Ini Sosok Dean Berta Vinales

Selain aspal, pemandangan di Sirkuit Mandalika juga menjadi keunggulan tersendiri. Dikutip dari Okezone.com, Lokasi Sirkuit Mandalika yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), membuat trek tersebut di bangun di sebuah pulau yang dikelilingi lautan.

Baik pembalap, kru, hingga penonton akan siduguhkan panorama perbukitan yang dikelilingi laut. Terlebih, pemandangan laut di Lombok cukup mengesankan. Dua keunggulan itu akan menjadi daya tarik tersendiri dari Sirkuit Mandalika.


Berita Terkait

Berita Terkini

Timnas U-23 vs Nepal: Uji Coba Terakhir Sebelum Kualifikasi Piala AFC

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Nepal dalam laga uji coba sebagai persiapan di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23, Jumat (22/10/202).

Banjir Hukuman dari PSSI, PSG Pati Minta Pemain Bisa Kontrol Emosi

Sejumlah pemain PSG Pati mendapat hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI karena aksi tak terpuji di lapangan.

Hasil Pertandingan Liga Europa: West Ham Pesta Gol!

Pertandingan ketiga fase penyisihan grup Liga Europa musim ini telah selesai digelar pada Jumat (22/10/2021) dini hari WIB.

Ini Penyebab Jaya Hartono Selalu Absen Dampingi Persijap Jepara

Pelatih Persijap Jepara, Jaya Hartono, baru sekali mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan pertama saat Persijap Jepara melawan HWFC pada 27 September 2021 lalu.

Indonesia Kena Sanksi WADA, Apa Imbasnya Untuk Timnas?

Indonesia mendapat sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) karena tidak mematuhi aturan anti-doping. Lantas apa imbasnya untuk Timnas Sepak Bola Indonesia?

Persipur Di Liga 3, Bupati Ingin Mengulang Kejayaan Laskar Petir

Persipur akan menjalani home turnamen Liga 3 di Kendal bersama Persibat Batang, Persik Kendal, PSDB Demak, dan PSIR Rembang.

PSG Pati Banjir Sanksi dari Komdis PSSI, Manajemen Banding

Manajemen PSG Pati mengajukan banding kepada Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyusul empat sanksi yang diberikan kepada tim milik Atta Halilintar itu.

Komdis PSSI Keluarkan 14 Sanksi Liga 2, PSG Pati Paling Banyak

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyidangkan sejumlah pelanggaran selama gelaran BRI Liga 1 dan Liga 2 mulai 8 September hingga 17 Oktober 2021.

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Hasil Lengkap Liga Champions: Chelsea Menang Telak, MU Nyaris Keok

Pertandingan ketiga Grup E hingga Grup H telah selesai pada Kamis (21/10/2021) dini hari WIB.

Kalahkan Barito Putera, PSIS Semarang Puncaki Klasemen Liga 1

PSIS Semarang menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 musim 2021-2022 setelah mengalahkan Barito Putera di Stadion Manahan Solo.

Dua Pemain PSG Pati Dihukum Berat Komdis PSSI, Ini Pelanggarannya

Dua pemain PSG Pati mendapat hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis PSSI) karena perilaku tak terpuji di lapangan.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Barcelona vs Dynamo Kyiv

Liga Champions musim ini akan menyajikan laga Barcelona melawan Dynamo Kyiv di Grup E.

Prediksi Skor & Line Up MU vs Atalanta, Setan Merah Gagal Menang?

Manchester United akan mendapat tantangan dari wakil Italia, Atalanta, pada gameweek ketiga Grup F Liga Champions.

PSG Pati Juru Kunci, Atta Halilintar: Kini Setiap Laga Seperti Final!

PSG Pati atau yang juga dikenal dengan nama AHHA PS Pati kini menjadi juru kunci setelah kalah dari PSIM Jogja, Selasa (19/10/2021).