SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas di sekitar Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen, Rabu (12/5/2021). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen kembali memusatkan Salat Id 1443 Hijriah di Alun-alun Sragen, Senin (2/5/2022). Ternyata Alun-alun Sragen dulunya merupakan lapangan tenis.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan setiap tahun melakukan Salat Id di Alun-alun Sragen kecuali dua Idulfitri terakhir karena situasi pandemi Covid-19. Salat Id di Alun-alun Sragen kembali dilakukan Lebaran 2022.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Semua keluarga ikut. Masyarakat, Forkopimda [Forum koordinasi pimpinan daerah Sragen] beserta keluarga ikut Salat Id. Semua dipusatkan di sana,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan laman resmi Pemkab Sragen, semula Alun-alun Sragen merupakan sebuah lapangan tenis dengan status lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Lapangan diberi nama Lapangan Sukowati karena terletak di tepi Jl. Sukowati, Sragen.

Jl. Sukowati merupakan jalan arteri yang menghubungkan Solo dengan Surabaya. Bupati Sragen, Sayid Abbad mengubah lapangan menjadi alun-alun pada 1970-an. Alun-alun diberi nama Alun-alun Sasana Lengen Putro yang bermakna tempat kegemaran anak.

Baca Juga: Aturan PPKM Dilonggarkan, Kawasan Alun-Alun Sragen Mulai Ramai

Bupati Sragen berikutnya, yakni Sri Nardi menggantinya dengan Alun-alun Sragen. Kini Alun-alun Sragen digunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya untuk Salat Id setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya