Ternyata Ada Warung Makan Gratis di Klaten, Ini Lokasinya

Warung makan gratis yang didirikan Paguyuban Bersinar di Kalikotes, Klaten, tetap melayani warga, terutama kaum marginal di tengah pandemi Covid-19.

 Ilustrasi makanan khas Indonesia. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan khas Indonesia. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN – Warung makan gratis yang didirikan Paguyuban Bersinar di Perumahan Griyatama Lestari Gemblegan, Kalikotes, Klaten, tetap melayani warga, terutama kaum marginal di tengah pandemi Covid-19, Selasa (14/9/2021).

Setiap harinya, warung makan gratis ini selalu didatangi sedikitnya 20 orang dari kaum marginal untuk memperoleh makanan siap santap secara gratis. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Paguyuban Bersinar merupakan sebuah WhatsApp Group (WAG) yang berdiri sekitar September 2020.

Sebulan kemudian, paguyuban ini mendirikan warung makan gratis di Gemblegan, tepatnya pada 10 Oktober 2020. Anggota paguyuban sepakat memberikan bantuan bagi warga Klaten, terutama kaum marginal di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pernah Sumbang Kasus Tertinggi, Jogonalan Klaten Kini Terbebas dari Covid-19

“Warung makan gratis tetap memberikan pelayanan ke warga di tengah pandemi Covid-19 [dibuka mulai pukul 10.00 WIB]. Dalam sehari, terdapat 20-an warga yang datang ke sini dengan tetap menaati protokol kesehatan (prokes). Mereka yang datang ke sini, tukang batu, penjual keliling, pedagang dawet, dan lainnya. Mereka tak hanya dari Kalikotes, tapi ada yang dari Wedi, Ceper, dan Bayat,” kata pencetus warung makan gratis di Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, yakni Titik Purwanti, kepada Solopos.com, Selasa (14/9/2021).

Titik Purwanti mengatakan menu makanan yang disajikan warung makan gratis selalu bervariasi dari hari ke hari. Dengan cara seperti itu, pengunjung tidak jenuh saat ke warung makan gratis. Setiap harinya, pengelola warung makan gratis mampu mengolah beras 3 kg-4 kg per hari.

“Saat PPKM Level Darurat diterapkan di Klaten beberapa waktu lalu, kami sempat tutup warung makan gratis. Setelah itu sampai sekarang, warung makan gratis ini selalu dibuka. Bagi pengunjung yang datang ke sini syaratnya harus tetap prokes,” katanya.

Donatur Rutin

Titik Purwanti mengatakan donatur yang rutin menyuplai logistik untuk warung makan gratis di Kalikotes mencapai 10-13 orang. Diharapkan, eksistensi warung gratis akan terus mendapatkan tempat di sanubari warga di waktu mendatang.

“Lauk yang kami berikan standar. Setiap hari pasti ada telur, tahu, atau pun tempe. Semoga, ini akan menjadi pahala bagi para donatur dan semua yang terlibat dalam warung makan gratis. Mengingat keberadaan warung gratis sangat bermanfaat bagi warga, kami akan tetap membuka warung gratis, baik ada pandemi Covid-19 atau pun tidak. Semoga, pandemi Covid-19 di Klaten segera sirna,” katanya.

Baca Juga: Keren! Bukit Sidoguro Klaten Kini Dilengkapi Taman Parkir dengan Panorama Rawa Jombor

Terpisah, Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, meminta kepada seluruh warga di Kabupaten Bersinar agar selalu disiplin menaati prokes meski kasus Covid-19 sudah melandai dalam beberapa waktu terakhir. “Kami berharap semuanya ikut proaktif untuk selalu menekan kasus Covid-19. Pakai masker wajib dilakukan. Lebih baik lagi masker double,” katanya.

Sebagaimana diketahui, jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten hingga Senin (13/9/2021) mencapai 34.518 kasus. Sebanyak 149 orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.486 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.883 orang telah meninggal dunia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Asyik, 3.500 PKL dan Pemilik Warung Wonogiri Cairkan Bantuan Rp1,2 Juta

Sebanyak 3.500 pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung di Wonogiri bisa mencairkan bantuan uang tunai dari pemerintah pusat senilai Rp1,2 juta melalui Polres Wonogiri.

Bupati Sragen: Akses Layanan Pemerintah Harus Tunjukkan Bukti Vaksin!

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mewajibkan syarat kepada warga yang ingin mendapatkan layanan pemerintahan dengan menunjukkan kartu vaksin.

Dapat Teror Pinjol, Wong Solo Diminta Lapor Satgas Khusus Polresta

Kapolresta mengimbau wong Solo yang merasa mendapat teror atau intimidasi dari dept collector atau penagih utang pinjol bisa melapor ke satgassus melalui call center.

Round Up Klaster Covid-19 PTM Solo, Pukulan Berat di Tengah Pelonggaran

Klaster Covid-19 PTM di sekolah Kota Solo menjadi pukulan berat di tengah berbagai pelonggaran dan upaya pemulihan kehidupan masyarakat.

Terbaik Se-Soloraya, Pemkot Solo Raih Penghargaan WTP Kali Ke-11

Pemkot Solo mendapat plakat penghargaan atas raihan opini WTP kali ke-11 atas laporan pengelolaan keuangan daerah tahun 2020.

Kenaikan Jenjang, 12 Anggota Specta UIN Surakarta Jelajahi Sumatra

Tim ekspedisi yang berjumlah 12 anggota menempuh perjalanan sekitar 13 hari dengan jarak tempuh ±1000 km dari UIN Raden Mas Said Surakarta menggunakan bus.

Anggota Bhayangkari Sukoharjo Tebar 11.000 Benih Nila di Waduk Mulur

Selain melaksanakan tebar benih ikan, Bhayangkari Cabang Sukoharjo juga membersihkan sampah di sekitaran Waduk Mulur.

5 Komoditas Pertanian Ini Jadi Andalan Ekspor Sukoharjo Lho, Apa Saja?

Lima komoditas pertanian menjadi andalan Kabupaten Sukoharjo di pasar internasional atau ekspor ke sejumlah negara di Asia dan Eropa.

Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Satgas Penanganan Covid-19 Solo bakal memperluas tes acak di sekolah lain yang menyelenggarakan PTM untuk antisipasi dini klaster penularan virus corona.

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.