SOLOPOS.COM - Kristiana Rosa alias Ocha bermain-main dengan iguana di belakang rumahnya, Jl. Wira Bumi No. 63, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Kamis (16/7/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN – Kristiana Rosa, 25, warga Jl. Wira Bumi No. 63, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, memiliki bisnis anti-mainstream yakni ternak iguana. Dari bisnis ini, dia sukses mengantongi Rp5 juta per bulan.

Wanita yang akrab disapa Ocha itu menekuni bisnis ternak iguana bersama sang suami, Setia Dama Putra Pamungkas. Dia menggeluti bisnis ini sejak 2018 lalu. Ocha bersama suaminya kemudian memutuskan untuk membeli empat ekor indukan iguana dari seseorang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga ekor indukan betina dan satu ekor indukan jantan. Empat ekor indukan itu dibelinya dengan harga Rp12 juta. Pada tahun pertama, ia tidak berekspektasi indukan iguana tersebut bisa bertelur. Karena para indukan tersebut bisa jadi perlu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Kamis Malam Ini Banteng Solo Bergerak Deklarasikan Dukungan, Untuk Gibran?

Tidak dinyana-nyana, ternyata tiga ekor iguana betina itu berhasil kawin dan bertelur. Jumlahnya pun di luar ekspektasi yaitu sebanyak 140 butir. Ia pun segera memindah telur iguana yang ada di kandang tersebut ke tempat inkubasi sederhana ciptaan suaminya.

Dari 140 butir telur itu, ada 110 telur yang berhasil menetas. Sedangkan 30 ekor telur rusak dan dibuang. Ocha kala itu tidak menyangka bisa berhasil menangkar iguana. “Empat ekor indukan itu datang kan bulan September 2018, kemudian mulai masa kawin bulan Juli 2019. Agustus bertelur,” ujar dia.

Harga

Usia dua bulan, puluhan ekor bayi iguana hasil tangkarannya kemudian dilirik oleh para pembeli. Saat ini hanya tersisa sekitar 26 ekor iguana saja. Untuk satu ekor iguana jenis green berusia dua bulan dijual dengan harga antara Rp300.000 sampai Rp700.000 per ekor. “Sekarang yang bayi iguana tinggal 26 ekor. Kalau indukannya ada 10 ekor,” ujar dia.

Mengenai harga iguana, Ocha menuturkan tergantung dengan usia dan jenisnya. Untuk jenis green iguana harganya cukup terjangkau. Sedangkan yang jenis red iguana dan blue iguana memiliki harga di atasnya, yakni antara Rp500.000 hingga Rp2 juta per ekor iguana usia dua bulan.

8 Tamu dari Jakarta Positif Covid-19, 2 Hotel Berbintang di Solo Ditutup

Iguana banyak menjadi incaran orang yang ingin memelihara reptil. Selain memiliki warna yang menarik, perawatan hewan ini juga mudah dan harganya cenderung lebih terjangkau dari harga reptil lainnya.

“Kemarin yang beli itu kebanyakan penghobi pemula. Perawatan iguana ini cukup mudah dan makanannya juga cukup sayur dan buah. Saya menjualnya melalui online dan offline,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya