SOLOPOS.COM - Petugas gabungan dari UPTD Terminal Tirtonadi, TNI dan Satpol PP mengarahkan calon penumpang bus untuk masuk ke terminal baru sisi barat dan tidak menunggu bus di luar terminal. Hal itu agar penumpang tertib dan bus tidak mengganggu arus lalulintas saat menaikkan penumpang.(JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Petugas gabungan dari UPTD Terminal Tirtonadi, TNI dan Satpol PP mengarahkan calon penumpang bus untuk masuk ke terminal baru sisi barat dan tidak menunggu bus di luar terminal. Hal itu agar penumpang tertib dan bus tidak mengganggu arus lalulintas saat menaikkan penumpang.(JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Disiplin masyarakat pengguna angkutan umum sepertinya masih sangat memrihatinkan dan perlu dibina lebih baik. Buktinya puluhan calon penumpang kedapatan masih tetap nekat mencegat bus di luar Terminal Tirtonadi Solo, meski saat ini sudah disediakan jalur pemberangkatan khusus bus yang jauh lebih nyaman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala UPTD Terminal Tirtonadi MV Djammila didampingi Kasubag TU Eko Agus S mengatakan sejak terminal sisi barat mulai diujicobakan awal November lalu, masih banyak calon penumpang yang nyegat bus di luar terminal. Mereka ogah masuk dan menunggu di dalam terminal. Calon penumpang rata-rata memilih naik di depan taman yang berada tepat depan terminal. Padahal, dia menambahkan di lokasi tersebut telah terpasang papan larangan bus berhenti menaikkan penumpang. “Tapi penumpang tetap naik dari sana. Mereka tidak mau masuk terminal,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Guna mengatasi masalah ini, dia mengatakan telah menempatkan petugas sekaligus memberikan sosialisasi kepada kru bus dan calon penumpang. Diharapkan dengan sosialisasi ini penumpang masuk ke dalam terminal dan menunggu di ruang tunggu sisi barat. “Kegiatan ini (penertiban) akan dilaksanakan sampai 13 hari mendatang atau tanggal 10 Desember. Kami harapkan penumpang bisa masuk dan menunggu di ruang tunggu,” imbuh Eko.

Dia mengakui telah melakukan berbagai upaya agar penumpang masuk ke dalam terminal sisi barat. Salah satunya memindahkan loket tiket bus malam ke lorong di terminal perluasan. Namun ternyata masih ada calon penumpang yang memilih naik di luar terminal. Dia mengatakan penertiban akan dibagi dalam dua shift. Yakni, pukul 06.00WIB-09.00 WIB dan pukul 15.00-18.00WIB. “Kami juga sudah minta kru bus tidak berhenti. Tapi banyak penumpang yang belum tahu, karena itu kami lakukan penertiban sekalian sosialisasi,” katanya.

Warga Jaten, Hastuti mengaku lebih memilih menunggu bus di luar terminal. Selain cepat mendapat bus, lanjut dia, juga tak perlu masuk dan berjalan jauh di dalam terminal. “Kalau di sini cepat bisa langsung naik bus. Kalau ke dalam harus jalan jauh, waktunya terbuang lumayan,” kilahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya