SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana Terminal Tirtonadi Solo. (Espos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Terminal Tirtonadi Solo saat ini telah bertransformasi dari yang dulu terkesan panas, kumuh, sumpek, menjadi bersih, megah, dan ramai jadi tempat warga beraktivitas. Terbaru, terminal tersebut menjadi lokasi kontes sepeda motor Honda CB yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Jateng, Jatim, hingga Jogja.

Proses revitalisasi Terminal Tirtonadi yang kini menjadi megah dan modern tidak lepas dari peran Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto. Sejak dulu, Joko memimpikan Terminal Tirtonadi menjadi terminal yang modern, bersih, dan rapi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekaligus terminal yang dekat dengan masyarakat, sehingga masyarakat nyaman beraktivitas di area terminal. Menjabat sebagai kepala terminal tersebut pada 2017, Joko mulai memetakan beberapa masalah yang menjadi perhatiannya demi mewujudkan mimpinya itu.

Menurutnya, Termina Tirtonadi Solo harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat dengan memberikan kemudahan, kelancaran, dan kenyamanan bagi penumpang.

terminal tirtonadi solo
Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

“Saya dulu berpikir bagaimana terminal ini tidak hanya menjadi tempat naik turun penumpang. Tapi juga seperti tempat umum, bisa aktivitas di sini dengan nyaman, gitu,” terangnya saat berbincang dengan Solopos.com di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: 400 Motor Honda CB Ikut Kontes di Terminal Tirtonadi Solo, Siapa Juara?

Joko menuturkan masih ada stigma mengenai kondisi ekosistem terminal: kumuh, berisik, dan rawan tindak kejahatan. Masyarakat juga masih menganggap terminal selama ini hanya menjadi tempat naik turun penumpang.

“Nuwun sewu, selama ini orang dengan kata terminal itu kan pasti langsung oh ya semacam itu, kumuh, kejahatan,” ujarnya. Melihat hal tersebut, ia berusaha membangun ulang pemahaman dan kesan masyarakat.

Joko bergerak untuk mengubah aspek internal manajemen dan infrastruktur Terminal Tirtonadi Solo. Penumpang adalah raja, begitu Joko menekankan.

Baca Juga: Selain Waldjinah, Ini Sederet Bintang Tamu Solo Keroncong Festival 2021

Joko ingin semua penumpang yang datang ke terminal bus itu mendapat pelayanan dan bantuan yang maksimal. Bahkan, ia tak segan-segan untuk memberikan nomor teleponnya kepada siapa pun yang membutuhkan informasi tentang lalu lintas dan aktivitas bus di terminal.

Pesan Kepada Staf

“Mbok penumpang aja kalau mau nelepon saya silakan. Pernah ada yang telepon nanya jam keberangkatan bus. Ya sudah bila saya enggak tahu saya teruskan pesan ke staf. Setelah dapat saya teruskan lagi ke yang tanya. Semua harus terlayani,” jelasnya sembari terkekeh.

Gaya bicara Joko memang terkesan nyeleneh dan banyak guyon. Namun di baliknya, Joko punya prinsip yang tegas. Ia tak lelah mengingatkan seluruh petugas Terminal Tirtonadi Solo untuk selalu memberikan bantuan kepada penumpang tanpa membedakan golongan.

Baca Juga: Banjir Order, Belasan Event Antre Digelar di Terminal Tirtonadi Solo

“Meski ada petunjuk arah dan lainnya, penumpang itu akan cenderung tanya ke petugas. Makanya saya selalu berpesan nek ada yang tanya apa pun kasih tahu,” tegas Joko.

Pos istirahat copet, layanan vaksinasi menjelang mudik Lebaran 2022, titik penjemputan penumpang ojek online di Terminal Tirtonadi Solo ada saat kepemimpinan Joko. Bahkan, ia dengan legawa membiarkan anak-anak kampung sekitar bermain di dekat kantornya hingga rooftop terminal.

“Wis enggak papa, tak biarin itu. Biarkan mereka main, artinya mereka kan merasa nyaman. Mbok sini [teras kantor] mau dipakai nongkrong-nongkrong juga silakan,” tuturnya.

Baca Juga: Transformasi Terminal Tirtonadi Solo: Dulu Kumuh, Kini Bersih dan Megah

Di bawah pengelolaan Kementerian Perhubungan, kemegahan Terminal Tipe A Tirtonadi Solo makin bertambah. Terminal tipe A tersebut kini bukan sekadar terminal bus biasa, namun dilengkapi fasilitas ruang serbaguna, foodcourt, parkir luas, ruang menyusui, dan sky bridge.

Berbagai event besar pun pernah diselenggarakan di convention hall terminal tersebut. Ada festival keroncong, pertunjukan musik rock Rock in Solo, dan banyak lagi event yang mendatangkan banyak pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya