SOLOPOS.COM - Pengerjaan jalur masuk bus Tirtonadi, Senin (15/6/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Terminal Tirtonadi Solo akan diakuisisi oleh Kemenhub.

Solopos.com, SOLO — Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Yosca Herman Soedrajat menyatakan keberatan dengan rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan mengakuisisi Terminal Tirtonadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menilai Pemerintah Pusat belum memiliki pola kebijakan pengelolaan Terminal Tirtonadi dan lupa pada konsep kemandirian daerah atas dasar otonomi daerah.

“Sebenarnya Kemenhub sendiri dalam pengambil alihan terminal itu belum siap karena Kemenhub masih mencari pola kebijakan. Selama ini yang jadi percontohan pengelolaan terminal di Indonesia itu kan Solo. Piye Pak? Hla sana piye? Artinya, konsep makro akuisisi terminal itu belum dimiliki pusat,” kata Herman, saat berbincang dengan , Rabu (24/6/2015), di DPRD Solo.

Herman menilai Kemenhub lupa sesuatu yang mendasar dari pengambilan kebijakan akuisisi terminal. Dia berpendapat pembangunan terminal itu merupakan kebijakan daerah untuk meningkatkan perekonomian, meningkatkan budaya, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Keberadaan terminal itu, kata dia, juga tersinergi dengan pengembangan kawasan Solo utara.

Sementara, mantan legislator Partai Golkar Solo, Bandung Joko Suryono, mempertanyakan rencana pemerintah pusat untuk mengakuisisi Terminal Tirtonadi. Dia khawatir akuisisi terminal itu akan menimbulkan persoalan di daerah.

“Saya kira rencana pemerintah pusat itu harus ditinjau ulang karena bertentangan dengan semangat kemandirian daerah dalam konteks otonomi daerah. Kalau alasan pengambilalihkan terminal itu sebagai sumber pendapatan negara jelas tidak tepat karena Solo bukan daerah yang memiliki sumber daya alam,” kata Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya