SOLOPOS.COM - Pintu barat Terminal Tirtonadi yang rencananya menjadi tempat drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis, Jumat (31/3/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO–Terminal Tirtonadi Solo terus bersiap menyambut kedatangan para pemudik Lebaran 2023.

Beberapa skema telah disiapkan untuk mengantisipasi penumpukan armada dan penumpang. Terlebih sejumlah provinsi penyelenggara program mudik gratis telah menyatakan akan menggunakan Terminal Tirtonadi sebagai lokasi dropping pemudik. Seperti dari Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak penyelenggara mudik gratis. Selain dari beberapa provinsi, juga ada program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Selain itu ada juga mudik gratis yang dari CSR perusahaan,” terang Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, dalam siaran pers, Jumat (31/3/2023).

Dia menjelaskan jumlah bus peserta mudik gratis belum bisa dipastikan alias masih fluktuatif. Kondisi itu disebabkan sejumlah provinsi masih melakukan pendaftaran.

“Yang sudah pasti DKI Jakarta dengan 35 bus dan dua truk pengangkut sepeda motor untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik akan menggunakan 30 bus dan dua truk. Untuk provinsi yang lain masih tahap koordinasi,” urai dia.

Bandiyono menjelaskan sudah menyiapkan skema-skema khusus menyambut kedatangan pemudik. Salah satunya menyiapkan tempat drop off dan parkir khusus bagi program mudik gratis. Lokasi yang direncanakan adalah di sisi sebelah barat dan timur pintu masuk Terminal Tirtonadi.

“Masih ada space yang bisa digunakan untuk drop off dan parkir armada mudik gratis. Ini akan kita maksimalkan, sehingga tidak berdampak pada bus reguler yang biasa keluar dan masuk terminal,” terang dia.

Bandiyono menerangkan pihaknya sudah memasang lampu penerangan jalan tambahan, di beberapa lokasi terminal. Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik. “Ini langkah preventif kami agar pemudik bisa merasa aman, nyaman, selama berada di Terminal Tirtonadi,” kata dia.

Terpisah, Kaur Lalu lintas Terminal Tirtonadi Solo, Sunardi mengatakan pihaknya siap menyambut para pemudik dari berbagai daerah. Disebutkan dia, akan dilakukan penambahan personel selama musim mudik 2023. “Kami sudah siapkan skema, dan kita akan lakukan penambahan personel, sehingga bisa melakukan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya