Instalasi solar cell dibangun di lantai atas Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo. Foto diambil Jumat (2/6/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Terminal Bus Tirtonadi Solo akan dilengkapi mal dan hotel setinggi lima lantai di bagian atasnya. Pembangunannya akan dimulai 2020 mendatang.

Kasubdit Terminal Angkutan Jalan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ahmadi Z.B., mengatakan pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp40 miliar untuk membangun kawasan komersial terminal terbesar di Jawa Tengah tersebut.

“Desainnya lima lantai ke atas, melingkar. Nah, samping-sampingnya yang melingkari ini ada lantai dua untuk parkir kendaraan, lantai tiga untuk foodcourt, lantai empat pusat perbelanjaan dan showroom batik, dan lantai limanya hotel. Hotel ini nanti yang akan kami kerjasamakan dengan pihak ketiga atau swasta,” kata dia kepada wartawan, pekan lalu.

Model Putri Amelia Dikaitkan dengan Artis PA yang Tersandung Kasus Prostitusi Online di Batu

Ahmadi mengatakan saat ini Kemenhub tengah menyusun detail engineering design (DED) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Jika DED rampung, pembangunan dengan pagu anggaran Rp40 miliar itu segera dilelang.

“Kami bertemu Pak Wali [Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo] untuk konsultasi desain. Karena sebelumnya pernah menyusun DED, namun batal. Jadi menyusun DED baru. Ada beberapa desain yang kami konsultasikan, tinggal mana yang dipilih Pak Wali,” paparnya.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyambut baik rencana tersebut. Wacana membangun Terminal Tirtonadi sebagai pusat bisnis tak hanya pusat transportasi terintegrasi pernah digaungkan beberapa waktu lalu.

Misteri Rel Bengkong Solo, Ada Sosok Wanita Berambut Panjang?

“Kami hanya membantu proses pelaksanaan karena lokasinya di Solo. Saya berharap pembangunannya lancar sehingga mampu menggerakkan ekonomi di wilayah Solo Utara,” kata Rudy.

Ia menyebut saat pembangunan mal dan hotel di Terminal Tirtonadi selesai, Pemkot berencana membangun skybridge yang menghubungkan Bendung Karet Tirtonadi dan Papan Kawruh Tirta dengan terminal.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten