SOLOPOS.COM - Rob menggenangi Terminal Terboyo, Kota Semarang. (JIBI/Solopos/Antara)

Terminal Terboyo Semarang mulai dibongkar selasarnya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Terminal Terboyo Semarang, Senin (12/3/2018), mulai direvitalisasi untuk dijadikan terminal bongkar muat barang. Selasar di terminal Kota Semarang itu mulai dibongkar, terutaman di sisi utara maupun selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pembongkaran selasar Terminal Terboyo sudah sesuai jadwal, yakni setelah ada pemenang lelang pembangunan terminal,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Muhammad Khadik.

Sesuai jadwal, kata dia, Maret ini, proyek pembangunan Terminal Terboyo menjadi terminal barang senilai Rp50 miliar itu sudah mulai tahap pembongkaran selasar. Namun, imbuhnya, rekanan pemenang proyek diminta menunda pembongkaran bagian tengah selasar dan beberapa bagian Terminal Terboyo yang masih digunakan awak bus dan pedagang kaki lima (PKL) beraktivitas.

“Sesuai jadwal, pada Maret ini memang sudah mulai pembongkaran. Pembongkaran sementara baru pada bagian tepi selasar. Nanti, secara bertahap akan dilakukan pembongkaran seluruhnya,” katanya.

Mengenai penundaan pembongkaran selasar bagian tengah, dia mengakui, sampai ada kesiapan Terminal Mangkang untuk menampung PKL, termasuk rencana pemindahan transit bus ke terminal tersebut. Dia mengatakan Terminal Mangkang merupakan terminal tipe A yang pengelolaannya berada di Kementerian Perhubungan sehingga masih diupayakan komunikasi mengenai penyediaan kios untuk PKL Terminal Terboyo.

Kalau untuk pemindahan, kata dia, sebenarnya Dishub Kota Semarang siap melaksanakan kapan saja, apalagi proses revisi surat keputusan (SK) Wali Kota Semarang mengenai pemindahan PKL sudah selesai. “Terminal Mangkang itu kan tipe A yang kewenangannya di Kemenhub. Kami sudah komunikasikan untuk penyediaan kios PKL. Pemindahan transit bus juga sama. Begitu siap, kami segera pindahkan,” katanya.

Dia mengatakan seluruh PKL dan bus, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) akan dipindahkan ke Terminal Mangkang Semarang. Berdasarkan pemantauan Kantor Berita Antara, beberapa pekerja melakukan pembongkaran atap selasar Terminal Terboyo sisi utara untuk bus AKDP dan selasar sisi selatan yang diperuntukkan bus AKDP.

Ketua Persatuan Pedagang dan Jasa (PPJ) Unit Terminal Terboyo Semarang Mustofa mengaku sudah menerima pemberitahuan rencana pembongkaran, tetapi pihaknya meminta penundaan. “Yang sudah dibongkar itu sisi utara, selatan, dan barat karena memang sudah rusak. [Pembongkara] Yang selasar tengah, kami minta nanti setelah seluruh pedagang pindah ke Terminal Mangkang,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya