SOLOPOS.COM - Umat Islam duduk saat mengikuti Salat Jumat perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jumat (3/3/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Salah satu anggota Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed, Anas Farkhani, menyampaikan agenda lengkap selama Ramadan di masjid megah yang berdiri di Gilingan, Banjarsari, Solo. Berikut adalah daftar lengkap agenda di Masjid Sheikh Zayed selama Ramadan sebagaimana disampaikan dalam konferensi pers, Rabu (22/3/2023).

1. Kajian sebelum ibadah Salat Zuhur

Kajian tersebut akan digelar setiap hari selama Ramadan, mulai pukul 10.30 WIB sampai memasuki waktu Salat Zuhur bersama imam besar KH Abdul Karim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

2. Semaan Al Quran khusus untuk jemaah putri

Kegiatan tersebut akan dimulai selepas ibadah Salat Zuhur, setiap Senin dan Rabu selama Ramadan. Kegiatan semaan ini diampu pengurus masjid.

3. Kajian sebelum iftar atau berbuka bersama

Kegiatan kajian bersama dilakukan rutin mulai tanggal 1 sampai 27 Ramadan. Pengisi kajian secara bergantian berasal dari Indonesia dan Uni Emirat Arab.

4. Salat Tarawih dan Witir berjemaah 23 rakaat

Masjid Raya Sheikh Zayed mengadakan Salat Tarawih dan Witir berjemaah sebanyak 23 rakaat selama Ramadan. Dengan durasi waktu disebutkan sekitar satu jam, Salat Tarawih akan dipimpin secara bergantian oleh imam dari Indonesia dan Uni Emirat Arab.

5. Kajian selepas Salat Subuh berjemaah

Kajian ini dilakukan setiap hari mulai 1 Ramadan. Kajian akan diampu oleh K.H. Mustamir dan K.H. Agus Himawan

6. Mazamir Competition

Kegiatan ini digelar selama empat hari mulai (25/3/2023) sampai (28/3/2023) pada bulan Ramadan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selepas Salat Tarawih.

7. Peringatan Nuzulul Qur’an

Peringatan Hari Besar Islam Nuzulul Qur’an pada 17 Ramadan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selepas Salat tarawih.

8. Peringatan atau Haul Sheikh Zayed pada malam 19 Ramadan

Selain delapan agenda inti tersebut, Masjid Raya Sheikh Zayed menyediakan takjil untuk berbuka bersama di kawasan masjid setiap harinya. Setidaknya ada 6.000 paket makanan takjil yang akan dibagikan bagi para pengunjung masjid dengan menu takjil seperti kurma, air mineral, dan makanan khas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya