SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Delapan klinik Kimia Farma di enam kota akan mulai melayani vaksin Covid-19 berbayar atau Vaksin Gotong Royong (VGR) Individu mulai Senin (12/7/2021). Di Soloraya ada Kimia Farma Sukoharjo yang akan melayani vaksinasi individu.

Soft launching Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu yang telah dilaksanakan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (9-10/7/2021).

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Pelaksanaan vaksinasi individu ini dilakukan oleh cucu usaha PT Kimia Farma Tbk, yaitu PT Kimia Farma Diagnostika (KFD). KFD mengelola 422 klinik dan 73 laboratorium di seluruh wilayah Indonesia serta memiliki tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.

Plt. Direktur Utama KFD Agus Chandra menyatakan, lokasi awal Vaksin Gotong Royong Individu dilakukan di dua tempat yaitu Klinik KFD Pulo Gadung Jakarta Timur dan KFD Senen Jakarta Pusat sekaligus untuk melihat kesiapan di lapangan.

Calon peserta vaksinasi nantinya akan mengikuti prosedur yang segera dipublikasikan dengan biaya sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Biofarma Produksi Vaksin Covid-19 Dua Kali Lipat

“Selain Jakarta di dua klinik di Pulo Gadung dan Senen, mulai Senin depan, 6 klinik lainnya, yaitu KF Blok M (Jakarta), KF Supratman (Bandung), KF Citarum (Semarang), KF Sukoharjo (Solo), KF Sedati (Surabaya) dan KF Batubulan (Bali) siap memberi pelayanan. Total kapasitas VGR individu dari 8 klinik ini sebanyak 1.700 peserta per hari.” ujar dia sebagaimana dikutip dari Detikcom, Sabtu (10/7/2021).

Berikut perincian pelayanan Vaksinasi Gotong Royong di 8 Klinik Kimia Farma

1. Jakarta: Kimia Farma Senen, kapasitas 200 orang per hari

2. Jakarta: Kimia Farma Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari

3. Jakarta: Kimia Farma Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari

4. Bandung; Kimia Farma Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari

5. Semarang: Kimia Farma Citarum, kapasitas 100 orang per hari

6. Solo: Kimia Farma Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari

7. Surabaya: Kimia Farma Sedati, kapasitas 200 orang per hari

8. Bali: Kimia Farma Batubulan, kapasitas 100 orang per hari

Baca Juga: Ada Pelemparan Ambulans Covid-19, MCCC Kawal Tim Kamboja

Berdasarkan riset beberapa lembaga, terdapat permintaan (demand) dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara individu agar segera mendapat perlindungan kesehatan pribadi.

Vaksinasi Gotong Royong Individu yang dijalankan Kimia Farma ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 19 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk Verdi Budidarmo menjelaskan pada tahap awal program ini baru menyentuh 6 kota dengan 8 klinik. Namun secara perlahan KF akan memperluas jangkauan itu, termasuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar.

“Setelah menjalankan Vaksinasi Gotong Royong perusahaan, Kimia Farma memberikan pilihan baru bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi sendiri. Kami siap memberikan layanan vaksinasi Individu melalui klinik-klinik kami di seluruh wilayah Indonesia. Dalam tahap pertama, kami baru memberikan pelayanan ini di delapan klinik di Jawa dan Bali,” jelasnya, Sabtu (10/7/2021), sebagaimana dikutip dari Detikcom.

Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansyuri menyatakan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu akan mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity) sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.

Baca Juga: Kimia Farma Sukoharjo Layani Vaksin Gotong Royong Individu Mulai Senin

“Pelayanan Vaksinasi Individu oleh Kimia Farma Group ini merupakan upaya untuk mengakselerasi penerapan Vaksinasi Gotong Royong dalam membantu program vaksinasi Indonesia untuk mencapai herd immunity secepat-cepatnya. Kimia Farma sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi berkomitmen untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan maupun Individu,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya