SOLOPOS.COM - Video klip Nature yang dibanned tv Korea Selatan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Industri musik Korea Selatan dibayang-bayangi ancaman pencekalan terhadap sejumlah video klip girlgroup K-Pop. Umumnya, video klip dicekal lantaran melanggar pedoman tayangan televisi. Beberapa dianggap terlalu vulgar dan sebagian lain tampak tak sejalan dengan norma-norma keluarga serta kesopanan.

Televisi Korsel telah menerapkan pedoman yang cukup ketat untuk mencegah pengaruh buruk tayangan K-Pop yang dianggap provokatif dan bisa merusak moral. Stasiun televisi besar Korea Selatan seperti MBC, KBS, dan SBS memiliki standar dan peraturan yang ketat dalam pemilihan koreografi atau konsep musik video para idol K-Pop untuk penayangannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini adalah beberapa musik video girlgroup Korea Selatan yang pernah dicekal oleh beberapa stasiun televisi Korea Selatan, sebagaimana dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber;

Wajib Ditonton, Ini Rekomendasi 5 Drakor Agustus-September 2020

Nature - Girls

Girlgroup Korea Selatan ini beberapa waktu lalu sempat dilaporkan beberapa media, bahwa Mnet menganggap klipnya yang bertajuk Girls tidak layak untuk program televisi. Alasan dari pencekelan tersebut adalah video dari Nature ini dinilai mengandung konten yang provokatif.

Melalui teaser video klip Girls yang telah dirilis sebelumnya, bisa dilihat kombinasi adegan horor dan thriller yang menegangkan. Akibat dari pencekalan ini, pihak agensi CH entertainment harus mengedit ulang dengan menghilangkan adegan menusuk nusuk boneka dengan gunting di atas wajah, hingga mengayunkan kapak ke arah wajah.

4L - Move

4L yang merupakan singkatan dari Four Ladies ini adalah salah satu grup kontroversial dari Korea Selatan. Di penampilan perdananya pada tahun 2014, 4L merilis musik videonya yang bertajuk Move. Mereka tampil habis habisan dengan mengumbar keseksian. Koreografi yang mereka bawakan terkesan erotis, bahkan menggunakan kostum lingerie.

Lebih parah lago manajemen 4L terang-terangan mengakui konsep dari lagu Move bertema lesbian. Karena konsep mereka yang kontroversi ini, 4L dilarang oleh tiga stasiun televisi besar yang ada di Korea Selatan untuk menayangkan music video mereka. Setelah perilisan MV-nya di Youtube girlgroup ini juga banyak menuai hujatan netizen.

Heboh! Ribuan CD dan BH Ditemukan di Rumah Seorang Duda

Girls Day - Something

Girlgroup dengan member Sojin, Yura, Minah, dan Hyeri ini ternyata juga pernah dicekal di layar kaca KBS, karena lagunya Something. Pada video klip tersebut terlihat seluruh member memperagakan gerakan yang cukup menggoda, terutama saat membuka ujung belahan rok disekitar pinggang. Selain itu ada pula gerakan sensual merangkak di lantai. Selain koreografer mereka yang dianggap provokatif, busana yang mereka gunakan juga cukup terbuka dan seksi.

AOA - Miniskirt

Group yang akhir-akhir ini sempat viral karena kasus perundungan antar member ini ternyata juga sempat dicekal. Video klip Miniskirt tak diizinkan tayang di sejumlah stasiun televisi. Hal ini dikarenakan koreografinya yang seksi. Salah satu adegannya yaitu saat mereka membuka resleting dan stoking yang terkesan sensual.

Karena hal ini AOA terpaksa menyesuaikan beberapa gerakannya jika masih mau tampil di stasiun televisi nasional yang mencekalnya. Walaupun dicekal, ternyata music video ini sempat menjadi trending dan juga hot topik selama 2015. Hingga saat ini beberapa gerakan dari Miniskirt terasa begitu membekas di ingatan penggemar.

Running Man 515: Mic Jatuh ke Dalam Celana, Jong Kook Histeris Saat Dibantu Kru Wanita

Stellar - Vibrato

Stellar adalah girlgroup Korea yang aktif di tahun 2011 - 2018. Stellar menjadi topik hangat perbincangan para pecinta K-Pop karena konsep seksi yang mereka suguhkan. Salah satunya karena video klip K-Pop dari lagu Vibrato pada tahun 2015.

Dalam video tersebut, Stellar tampil dengan balutan gaun mini berwarna hitam dan merah. Gaun tersebut memiliki belahan paha yang panjang hingga memamerkan celana pendek yang mereka gunakan. Para member juga terlihat berada di kotak kaca sambal menari dan memamerkan lekuk tubuhnya.

Akibat dari koreografi dan busana mereka, Vibrato dilarang ditayangkan di stasiun televisi KBS. Bahkan video ini diberi label khusus 19 tahun ke atas karena gerakan dan adegan sensual dalam video tersebut.

Indah Pranataning Tyas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya