SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras. (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, JAKARTA — Komoditas beras asal Indonesia kalah bersaing dengan beras dari Thailand yang dijual lebih murah di Arab Saudi.

Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) mengungkapkan persaingan industri halal semakin ketat bahkan dengan negara non-muslim sekalipun. Salah satu yang jadi sorotan, yaitu harga beras Indonesia lebih mahal dibandingkan Thailand.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPMI Rachmat Sutarnas Marpaung menyampaikan dalam kunjungannya ke Jeddah, Arab Saudi, terkait peningkatan produk Indonesia untuk kebutuhan jemaah haji, salah satunya katering, harga produk Indonesia seperti beras kalah saing dengan Thailand. “Di sana ada beras pandan wangi dengan harga US$700 per ton, tetapi hasil produksi dari Thailand,” ungkapnya dalam Sharia Economic & Financial Outlook (ShEFO) 2023 di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2023).

Perusahaan Indonesia yang turut ikut dalam kunjungan tersebut yaitu PT Food Station Tjipinang Jaya yang juga menawarkan berasnya untuk mencukupi kebutuhan jemaah haji Indonesia. Sementara itu, kata Rachmat, harga yang ditawarkan oleh pihak Indonesia yaitu Food Station, mencapai US$1.000 per ton.

“Harga beras milik Thailand 30 persen lebih rendah dari harga yang Indonesia tawarkan,” jelasnya. Untuk itu, Rachmat menekankan bahwa tidak hanya Indonesia yang tengah bergerak untuk menjadi pusat halal dunia. Pasalnya, negara lainnya juga sedang bergerak menuju target tersebut.

“Kalau Indonesia mau main industri halal, negara lain juga bergerak untuk menjadi pusat halal, meskipun mereka negara non-muslim,” ungkapnya. Mengacu pada State of the Global Islamic Economi (SGIE) Report 2022, posisi The Global Islamic Economy Indonesia masih dalam peringkat keempat, dibawah Malaysia, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab.

Meski demikian, sektor makanan halal atau halal food Indonesia naik dua peringkat ke posisi kedua pada 2022. Adapun, Konsul Jenderal RI (KJRI) menargetkan 30 persen produk Indonesia dapat memenuhi kebutuhan para Jemaah haji.

KJRI di Jeddah Eko Hartono menegaskan pihaknya terus berupaya membuka keran ekspor produk Indonesia ke Arab Saudi. Dirinya berharap hal ini dapat menjadi program strategis mengingat jumlah jemaah haji Indonesia adalah yang terbesar di dunia.

“Kami targetkan dalam tiga tahun ke depan, kita bisa penuhi 30 persen kebutuhan makanan dan minuman untuk jemaah haji kita,” terangnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/2/2023). Menurut Eko, selama ini proporsi produk Indonesia yang dikonsumsi jamaah haji Indonesia masih sangat kecil, baru sekitar 10 persen. Padahal nilai makanan dan minuman yang dikonsumsi jemaah haji Indonesia mencapai Rp500 miliar.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Komunitas Pengusaha Muslim: Harga Beras RI Lebih Mahal dari Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya