SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN -Gusgas PP Covid-19 Klaten mengumumkan seorang pasien positif Covid-19 asal Gantiwarno meninggal dunia, Sabtu (22/8/2020). Pasien perempuan berinisial RPW, 79, itu meninggal dunia di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten, Jumat (21/8/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, RPW diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 pada   12 Agustus 2020. RPW tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah dalam 14 hari terakhir sebelum dipastikan terpapar Covid-19. Sebaliknya, RPW hanya beraktivitas sehari-hari di Klaten. Dimungkinkan, RPW terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Hari ini ada tujuh pasien positif Covid-19 yang sembuh. Ada juga tambahan dua pasien positif Covid-19. Sedangkan pasien positif Covid-19 meninggal dunia berasal dari Gantiwarno," kata Jubir Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, kepada Solopos.com, Sabtu (22/8/2020).

Gedung Kejagung Terbakar, Api Masih Berkobar, Asap Tebal Membubung Tinggi

Hingga sekarang, lanjut Cahyono Widodo, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten yang meninggal dunia mencapai sembilan orang. Sedangkan jumlah kumulatif pasien positif di Kabupaten Bersinar mencapai 202 orang.

"Sebanyak 42 dari 202 orang itu masih dirawat di rumah sakit [RS]. Sebanyak 151 orang dinyatakan sembuh," katanya.

Cahyono Widodo mengatakan tujuh pasien positif Covid-19 yang sembuh di Klaten berasal dari Wedi, Jogonalan, Polanharjo, dan Wonosari.

Juliyatmono: Kader Golkar Membangkang Dipecat!

Pasien positif Covid-19 yang sembuh asal Wedi, yakni W, 31 (laki-laki); dua pasien positif Covid-19 sembuh asal Jogonalan, yakni AA, 32 (laki-laki) dan NY, 30 (perempuan). Selanjutnya tiga pasien positif Covid-19 asal Polanharjo, yakni RAP, 15 (laki-laki); FAA, 11 (perempuan) dan FAA, 11 (perempuan). Dua pasien positif FAA asal Polanharjo itu merupakan saudara kembar. Terakhir, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh berasal dari Wonosari, yakni SW, 36 (perempuan).

 

2 Pasien Positif

Pasien positif W, AA, dan NY terpapar virus corona sejak 14 Agustus 2020. Ketiganya telah menjalani isolasi di Rumah Sehat Covid-19 Edotel Klaten. Pasien kembar FAA dan FAA terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 14 Agustus 2020. Pasien positif Covid-19 RAP terpapar virus corona sejak 11 Agustus 2020. Pasien Covid-19 SW terpapar virus corona sejak 8 Agustus 2020. Saudara kembar FAA, RAP, dan SW telah menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan tim medis.

“Hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari ketujuh pasien menunjukkan negatif. Seluruh pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dengan tetap melakukan isolasi mandiri minimal tujuh hari," kata Cahyono Widodo.

Long Weekend, Sejumlah Sentra Kuliner di Klaten Diserbu Pengunjung

Selain seorang pasien positif Covid-19 meninggal dunia dan tujuh pasien Covid-19 yang sembuh, lanjut Cahyono Widodo, di Klaten juga terdapat penambahan dua pasien positif Covid-19. Masing-masing berasal dari Prambanan dan Delanggu.

Pasien positif Covid-19 asal Prambanan, yakni R, 38 (laki-laki). R diketahui berprofesi sebagai seorang sopir di Klaten. Selama 14 hari terakhir, R diketahui pernah menempuh perjalanan di Jatim dan Jateng. Diduga, R terpapar virus corona saat melakukan aktivitas pekerjaanya tersebut.

Sedangkan pasien positif Covid-19 asal Delanggu, yakni NA, 28 (laki-laki). NA diketahui sebagai karyawan di Ternate. Selama 14 hari terakhir, NA telah pulang ke Klaten. Diduga, NA terpapar virus corona saat melakukan aktivitasnya di Ternate.

Keluarga di Sukoharjo Dibantai, Begini Posisi 4 Jasad…

"Saat ini, R dan NA menjalani isolasi di Rumah Sehat Covid-19 Edotel Klaten," kata Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya