SOLOPOS.COM - Para ahli waris makam TPU Putri Cempo mengikuti sosialisasi pemindahan makam di Pendapa Kantor Kelurahan Nusukan, Rabu (27/9/2017) malam. (Istimewa/Lurah Nusukan)

Sebanyak 2.130 makam di TPU Putri Cempo Solo harus dipindah karena terkena proyek penanganan banjir.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo bakal memindah sekitar 2.130 makam di Tempat Permakaman Umum (TPU) Putri Cempo, Kelurahan Nusukan, Banjarsari, ke TPU Untoroloyo, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Senin (2/10/2017).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Makam-makam tersebut harus dipindah karena terdampak proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3 (Kali Pepe hulu). Lurah Nusukan, Utik Sri Wahyuni, memgklaim Pemkot Solo telah mengantongi persetujuan dari para ahli waris makam di TPU Putri Cempo untuk memindah kerangka jenazah keluarga mereka ke TPU Untoroloyo. Pemkot terakhir bertemu para ahli waris makam saat sosialisasi di Pendapa Kantor Kelurahan Nusukan pada Rabu (27/9/2017) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sudah ada kesepakatan Senin akan dilaksanakan pemindahan makam di TPU Putri Cempo,” kata Utik saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (29/9/2017).

Utik menerangkan alasan makam di TPU Putri Cempo harus dipindah karena berada di wilayah bantaran Kali Anyar yang terdampak proyek Penanganan Banjir Kota Solo. Menurut dia, berdasarkan hasil perhitungan awal, di TPU Putri Cempo terdapat kurang lebih 1.800 makam.

Namun, setelah dicek ulang, jumlahnya diketahui lebih banyak yakni mencapai sekitar 2.130 makam. Petugas menemukan cukup banyak makam yang bertumpuk.

“Biaya pemindahan makam ke TPU Untoroloyo pada Senin pekan depan sepenuhnya akan ditanggung Pemkot,” jelas Utik.

Utik mendapat informasi dari warga, beberapa makam di TPU Putri Cempo kini sudah dibongkar secara mandiri oleh ahli waris makam. Namun, dia tidak mengetahui secara pasti jumlah makam yang telah dibongkar tersebut.

Dia menerangkan Pemkot tidak akan menanggung biaya pembongkaran dan pemindahan makam yang dilakukan ahli waris. Pemkot hanya menanggung biaya pemindahan makam Senin pekan depan lewat penyediaan tenaga pelaksana.

“Proses pemindahan makam akan dilakukan pelaksana atau pemenang lelang kegiatan,” jelas Utik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemkot dijadwalkan menggelar kegiatan doa bersama pada Jumat malam sebelum pada Senin pekan depan mulai memindah makam di TPU Putri Cempo. Utik mengatakan doa bersama akan digelar di kompleks TPU Putri Cempo dengan mengundang para ahli waris makam.

Pelaksana Kegiatan Pemindahan Makam Putri Cempo dari CV Sumber Agung, Trihono, menjelaskan TPU Untoroloyo dipilih Pemkot menjadi lokasi tujuan relokasi makam di TPU Putri Cempo karena di sana masih tersedia cukup lahan kosong, berbeda dengan kondisi TPU lain di Solo yang rata-rata sudah hampir penuh. Dia menyebut jumlah makam atau kerangka jenazah yang bakal dipindah dari TPU Putri Cempo ada sekitar 2.130 makam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya