SOLOPOS.COM - Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, bersama dengan Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, berdiskusi terkait pengamanan pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Sabtu (3/12/2022), memimpin rapat analisis dan evaluasi (Anev) pengamanan ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu (11/12/2022) pagi.

Rapat Anev digelar di Mapolresta Solo diikuti Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, beserta jajarannya dan Kapolres se Soloraya. Saat diwawancara wartawan seusai menggelar rapat, Luthfi memaparkan persiapan pengamanan acara.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami melakukan rapat terkait persiapan pengamanan round akhir untuk kegiatan mantenan nanti tanggal 11 Desember 2022. Untuk Soloraya memang kita lakukan kegiatan-kegiatan antisipatif menjelang waktu pelaksanaan,” terang dia.

Polres di Soloraya melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dan akan dilanjutkan tactical floor game (TGF) pada Senin (5/12/2022) terkait alur kedatangan tamu.

Ekspedisi Mudik 2024

Plotting jalur mulai dari jalur kedatangan tamu, tempat stay tamu di hotel, sampai pergerakan tamu di Pura Mangkunegaran. Termasuk pola-pola pengamanan, beberapa jalur nanti akan kami jadikan obyek terkait one way system,” papar Luthfi.

Baca Juga: Polda Jateng Siapkan 2.188 Personel Amankan Pernikahan Kaesang-Erina

Targetnya, dia menjelaskan kawasan sekitar Pura Mangkunegaran sebagai area Ring 1 tidak ada titik kroscek atau pertemuan arus kendaraan. Rencananya pada H-5 acara yakni Senin akan dilakukan sosialisasi terkait dengan pengalihan arus.

“Minimal H-5 atau hari Senin kita lakukan sosialisasi terkait pengalihan arus yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Nanti Dirlantas dan Kapolresta akan mengatur itu. Prinsip, jajaran Polresta Solo dan Polda Jateng sudah kita siapkan,” ujarnya.

Kesiapan mulai dari ploting dan pelibatan personel, mekanisme pengalihan arus lalu lintas, hingga tempat-tempat parkir. Ihwal alur kedatangan tamu, menurut Luthfi, ada beberapa kategori mulai dari tamu dari bandara dan yang sudah di hotel.

“Tinggal main. Polda Jateng siap. Untuk kedatangan tamu ada beberapa, seperti tamu dari bandara dan tamu yang sudah stay di hotel. Berdasarkan rapat yang kami lakukan, nanti ada tamu yang kami siapkan shuttle bus dari hotel,” terang dia.

Baca Juga: Kakak Erina Gudono akan Menjadi Wali Nikah

Total shuttle bus yang disiapkan untuk kendaraan tamu undangan menurut Luthfi sekira 220 unit. Armada itu juga akan digunakan untuk mengantar tamu undangan yang parkir kendaraannya di area Stadion Manahan dan Benteng Vastenburg.

“Ada tamu yang kita guide ke Mangkunegaran, ada tamu yang kita siapkan parkir di vastenburg dan Manahan. Di sana parkir lalu naik shuttle bus. Ada kurang lebih 220 shutle bus disiapkan untuk mengantar tamu, agar tidak crowded,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya