Terjerat Suap, Pejabat Eksekutif Olimpiade Tokyo 2020 Ditangkap

Pejabat eksekutif Olimpiade Tokyo, Haruyuki Takahashi, ditangkap karena tersandung kasus suap.

 Nuansa upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. (Reuters)

SOLOPOS.COM - Nuansa upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA—Pejabat eksekutif Olimpiade Tokyo 2020, Haruyuki Takahashi, ditangkap karena tersandung kasus suap. Dia bersama tiga orang lainnya diduga terlibat skandal tersebut.

Seturut jaksa setempat, Takahashi diduga menerima suap sebesar 51 juta yen (sekira Rp5,59 miliar) dari ritel bisnis kelas atas Aoki Holdings, yang menjadi salah satu sponsor resmi Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Menurut laporan AFP  berdasar dokumen Kantor Kejaksaan Tokyo, Kamis (18/8/2022), pria berusia 78 tahun itu ditangkap bersama mantan petinggi Aoki Hironori Aoki (83) dan dua orang lainnya yang merupakan pejabat eksekutif serta mantan pejabat eksekutif perusahaan tersebut.

Baca Juga: Indonesia Ajukan Tuan Rumah Olimpiade 2036, Andalkan IKN Nusantara

Takahashi dituduh menerima suap sebagai uang terima kasih atas perlakuan yang menguntungkan dan istimewa yang diberikannya kepada Aoki.

Menurut jaksa Takahashi diyakini menerima total 51 juta yen (setara Rp5,59 miliar dengan kurs hari ini) yang ditransfer ke rekening bank perusahaan yang dia kelola melalui lebih dari 50 transaksi dalam rentang waktu Oktober 2017 s.d. Maret 2022.

Aoki Holding telah mengeluarkan pernyataan resmi untuk meminta maaf atas “masalah besar” yang ditimbulkan karena penangkapan tersebut dan mengatakan perusahaan menganggap serius masalah ini.

Baca Juga: Kemenpora Angkat 193 Atlet Jadi PNS, 57 di Antaranya Atlet Disabilitas

“Kami akan terus bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan yang dilakukan pihak berwenang,” tulis pernyataan tersebut seperti dikutip dari Antara.

Media-media Jepang melaporkan penangkapan dilakukan setelah bulan lalu kediaman Takahashi di Tokyo digerebek oleh penyelidik. Penggeledahan juga dilakukan di rumah mantan pimpinan Aoki serta kantor panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah dibubarkan.

Takahashi merupakan bekas petinggi eksekutif agensi periklanan Jepang terbesar, Dentsu, sebelum bertugas di kepanitiaan Olimpiade Tokyo sejak Juni 2014.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2022, Siti Fadia Kembali Berpasangan dengan Ribka

Selama itu, Takahashi kerap dilaporkan sebagai pegawai sipil teladan yang tidak diperbolehkan menerima uang maupun hadiah atas jabatannya. Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo sudah berhenti beroperasi, tapi masih berfungsi untuk mengurus aset dan kewajiban.

Aoki menjadi sponsor Olimpiade Tokyo, berhak atas penggunaan logo event dan penjualan produk-produk berlisensi pesta olahraga yang harus tertunda setahun dan digelar tanpa penonton karena pandemi Covid-19 itu.

Kasus ini menambah panjang dugaan ketidakwajaran terkait Olimpiade Tokyo, sebab kejaksaan Prancis juga telah meluncurkan penyelidikan atas dugaan korupsi terkait pencalonan tuan rumah Tokyo yang diajukan pada 2016.

Baca Juga: Dari China, Presiden Jokowi Bertolak ke Tokyo Jepang

Tsunekazu Takeda menanggalkan jabatan Kepala Olimpiade Jepang pada 2019 setelah pihak berwenang Prancis menyelidiki keterlibatan pembayaran yang dilakukan sebelum Tokyo ditunjuk sebagai tuan rumah.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil Pertandingan Liga 3: Persika Karanganyar Hajar Persiwi Wonogiri

      Enam gol Persika Karanganyar dicetak melalui hattrick dua pemain mereka yaitu Wimba Sutan dan Arif Itibar.

      Kabar Terbaru Liga 1: Milomir Seslija Resmi Berpisah dengan Borneo FC

      Miftahudin Mukson akan memimpin tim sebagai karterker atau pelatih sementara didampingi Akhyar Ilyas (mantan pemain Persijatim Solo FC dan Persis Solo). 

      Liga 3 Jateng: Putra Surakarta FC Siap Bersaing dengan Persiharjo dan Persipur

      Putra Surakarta FC adalah tim debutan di kompetisi Liga 3 musim ini. Mereka berada satu grup dengan Persiharjo Sukoharjo dan Persipur Purwodadi.

      Keberhasilan pada Musim Lalu Membuat IBL 2023 Diyakini Jauh Lebih Heboh

      Total penonton IBL 2022 dengan sejumlah pembatasan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sudah mencapai 46.600 orang.

      Paulo Gomes: Terima Kasih untuk Semua Fans Persis Solo

      Paulo Gomes menangani Persis Solo memang cukup terbuka, meski demikian peluang Rene Alberts dan Aduardo Almedia juga belum hilang sepenuhnya untuk memoles Laskar Sambernyawa.

      Dirumorkan Jadi Pelatih Persis, Ini Daftar Klub yang Pernah Dilatih Paulo Gomes

      Berikut ini deretan klub sepak bola yang pernah ditangani Paulo Gomes, sosok yang dirumorkan menjadi pelatih Persis Solo.

      Mantap! Indonesia Sapu Bersih Seluruh Gelar Bulu Tangkis IIS 2022 di Jogja

      Wakil Indonesia menguasai final untuk seluruh nomor yang dipertandingkan dalam kejuaraan bulu tangkis IIS 2022.

      Aspar Jaelolo Buktikan Indonesia Memang Raja Speed Panjat Tebing Dunia

      Aspar Jaelolo bersaing ketat dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin di nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

      Tertinggal Lebih Dulu, Timnas Indonesia Menang Tipis Atas Curacao

      Curacao yang berperingkat FIFA lebih tinggi daripada Indonesia sempat unggul lebih dulu.

      Kualifikasi Moto3 GP Jepang, Mario Aji: Itu Kesalahan Saya

      Mario Aji terjatuh pada lap pertama sesi kualifikasi Moto3 GP Jepang, Sabtu (24/9/2022).

      Tampil di IBL 3x3 Basketball Solo, Begini Kesan Pemain West Bandits

      Sahroni menyatakan dukungan dari warga Solo sangat berpengaruh bagi para pemain di lapangan.

      3x3 Basketball 2022 Solo di The Park Mall Dipadati Penonton

      Di Soloraya baru ini kali pertama pertandingan basket di gelar di mal.

      Top Skor Liga 2: Striker Persela Lamongan Paling Subur

      Zulham Zamrun selalu berhasil menjebol gawang lawan dalam setiap pertandingan Persela sejauh ini.

      Manajemen Arema FC Tidak Sediakan Kuota Tiket untuk Bonek

      Keputusan tak menyediakan kuota untuk Bonek ini sesuai dengan perjanjian yang disepakati di Polda Jatim pada 2006 antara Arema dan Persebaya serta pendukung kedua tim tersebut.

      Profil Paulo Gomes: Pelatih yang Ramai Dibicarakan akan Tangani Persis Solo

      Jika Paulo Gomes benar ditunjuk sebagai pelatih kepala Persis Solo, itu akan menjadi klub Asia Tenggara pertama yang ia tangani.