SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Lembaga layanan cuaca dari Inggris Met Office mengumumkan akan terjadi fenomena Badai Matahari menuju Bumi, Jumat (15/3/2019). Namun, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyatakan sebaliknya.

“Tenang, semua aman berdasar asesmen dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN, belum ada dampak signifikan,” kata LAPAN dalam kun resminya di Instagram yang dikutip Jumat (15/3/2019).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dalam akun @lapan-ri itu, juga disertakan gambar lubang korona matahari pada tanggal 13 Maret 2019.

“Dan ini adalah gambar lubang korona 13 Maret kemarin. Posisi lubang korona di sekitar ekuator matahari memang bisa melepaskan angin matahari cepat yang diperkirakan mencapai Bumi dalam 2 hari. Tetapi efeknya tidak seperti yang diberitakan. Info rinci cuaca antariksa bisa dilihat juga di situs LAPAN.”

Dalam situs LAPAN, prakiraan untuk Jumat, 15 Maret 2019, solar, geomagnet dan ionesfer semuanya tenang.

“Peluang flare yang terjadi di bawah kelas C,” kata LAPAN.

Seperti diberitakan sebelumnya, Lembaga layanan cuaca dari Inggris Met Office mengumumkan akan terjadi fenomena badai Matahari yang menuju Bumi. Laman Express, Rabu (13/3/2019),  menyatakan fenomena itu akan terjadi pada Jumat (15/3/2019).

Badai tersebut terjadi ketika matahari mengeluarkan gelombang elektromagnetik ke luar orbit yang berbentuk ledakan-ledakan (suar matahari) yang sangat dahsyat, sehingga menembus pelindung Bumi yakni atmosfer dan magnetosfer.

Jika efek ledakan berupa hantaman mengenai satelit dan jaringan telekomunikasi dapat menimbulkan kerusakan alat komunikasi dan elektronik di Bumi. Badai matahari dibagi menjadi beberapa kategori. Kelas X untuk badai terkuat, Kelas M untuk tingkat menengah, dan kelas C paling lemah.

Selain itu, badai Matahari juga dapat mempengaruhi satelit di orbit, berpotensi menyebabkan kurangnya navigasi GPS, sinyal ponsel, dan TV satelit. Juga gelombang partikel dapat menyebabkan arus tinggi di magnetosfer, yang dapat menyebabkan gangguan pada listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya