Tutup Iklan

Terimpit Tol dan KA Bandara, 40 Warga Lemah Abang Solo Minta Tanahnya Dibebaskan

Sebanyak 40 warga RT 001/RW 021 Lemah Abang, Kadipiro, Banjarsari, Solo, meminta lahan mereka dibebaskan karena terimpit jalan tol dan jalur kereta api (KA) bandara.

Terimpit Tol dan KA Bandara, 40 Warga Lemah Abang Solo Minta Tanahnya Dibebaskan

SOLOPOS.COM - Permukiman bantaran rel kereta api (KA) di Gilingan, Banjarsari, Solo, Kamis (25/1/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 40 warga RT 001/RW 021 Lemah Abang, Kadipiro, Banjarsari, Solo, meminta lahan mereka dibebaskan karena terimpit jalan tol dan jalur kereta api (KA) bandara.

Kondisi itu membuat aksesibilitas mereka sulit. “Di sini ada beberapa warga yang minta agar lahannya dibebaskan. Mayoritas minta dibebaskan semua, kira-kira jumlahnya 40 keluarga. Alasannya karena kesulitan akses jalan karena lokasinya terjepit tol dan rel kereta,” ujar warga RT 001/RW 021 Lemah Abang, Kondang Sri Sarwo Edy, 54, Jumat (28/6/2019).

Selain karena kesulitan akses, Edy menjelaskan warga minta lahan mereka dibebaskan karena tergoda besarnya nilai ganti untung. Lahan yang telah dibebaskan untuk pengerjaan proyek dibebaskan dengan nilai tinggi.

Bahkan menurut taksiran Edy nilai ganti untung lahan mencapai tiga kali lipat dibanding harga pasaran tanah di Lemah Abang. “Nilainya per kelas, yang paling tinggi Rp2,7 juta per meter persegi. Yang terendah Rp2,2 juta per meter persegi,” sambung dia.

Namun Edy menerangkan berdasarkan keterangan dari PT KAI tahap pembebasan lahan proyek kereta bandara Solo sudah selesai. Artinya kemungkinan permintaan warga agar lahannya dibebaskan tidak akan diakomodasi.

Kendati begitu, menurut Edy ada kemungkinan lahan milik tujuh keluarga yang berada dekat sungai akan dibebaskan karena aksesibilitas tujuh keluarga itu sangat sulit. “Letaknya di ujung utara, paling barat, dekat sungai,” jelas dia.

Edy menggambarkan jalur kereta bandara melintas di tengah permukiman warga RT 001/RW 021 Lemah Abang. Padahal di sisi sebaliknya ada jalan tol Trans Jawa dan di sebelah timurnya ada jalur kereta lama jurusan Solo-Semarang.

Sedangkan opsi melintas di bawah jalur kereta bandara dirasa sulit mengingat konstruksi jalurnya pendek. Di sisi lain, menurut Edy, proses pengerjaan jalur kereta bandara Solo berjalan lambat beberapa bulan terakhir.

Harapan senada disampaikan warga lainnya Ramlan saat diwawancarai Solopos.com belum lama ini. Dia mengakui senang dengan adanya pembangunan jalur kereta bandara. Tapi dia berharap pengerjaan proyek segera selesai dan beroperasi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.