SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona (Freepik)

Solopos.com, MADIUN -- Dalam beberapa hari terakhir kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun mengalami kenaikan secara konsisten. Pada Senin (13/7/2020), satu warga Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Madiun, Noor Aflah, mengatakan ada penambahan satu kasus konfirmasi positif Covid-19 pada Senin. Satu pasien tambahan ini berinisial WSL, 37, warga Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pasien ini memiliki riwayat sakit pada tanggal 23 Juni 2020. Kemudian pada tanggal 26 Juni 2020, WSL ini kedatangan tamu yakni kerabatnya dari Surabaya. “Kerabatnya ini menginap di Madiun selama tiga hari dua malam,” kata dia.

Kakak Wagub Jateng Gus Kamil Meninggal karena Covid-19

Aflah menyampaikan pria ini selanjutnya menjalani rapid test pada 8 Juli 2020 dengan hasil reaktif. Atas hasil reaktif itu, pasien kemudian menjalani tes swab pada 12 Juli 2020 dan ternyata hasilnya terkonfirmasi positif.

Dengan adanya tambahan satu pasien ini, lanjutnya, secara akumulasi kasus positif Covid-19 di Kota Madiun ada sebanyak 22 orang. Dengan delapan orang di antaranya dinyatakan sembuh. Sehingga saat ini masih ada 14 pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit.

Masyarakat Lengah

Meningkatnya kasus positif Covid-19 ini terjadi setelah Kota Madiun menjadi zona hijau. Pada saat itu, warga Madiun banyak yang lengah dan kurang waspada terhadap ancaman persebaran Covid-19.

Aflah menegaskan kepada warga untuk lapor ke RT setempat saat menerima tamu dari luar daerah. Sehingga nnati pihak RT akan melanjutkan laporan ke relawan. Sehingga pendeteksian secara dini persebaran Covid-19 bisa dilakukan.

“Kalau dari luar kota seharusnya karantina mandiri dulu. Kalau tidak mau akan diminta langsung untuk pulang,” jelasnya.

Update Covid-19 Indonesia 13 Juli: Pasien Positif Tambah 1.282, Total Kasus Jadi 76.981

Lebih lanjut, Aflah menuturkan pada Minggu (12/7/2020) ada satu pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Pasien tersebut merupakan pasien nomor 5, warga Kelurahan Patihan.

Pasien ini merupakan suami dari pasien positif nomor 4. Pasien nomor 4 telah dinyatakan sembuh pada 22 Juni lalu. Dengan adanya satu pasien sembuh ini berarti secara akumulasi ada delapan pasien sembuh di Kota Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya