Terima Pegawai KPK Gagal TWK, Begini Respons MUI...

Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi gagal tes wawasan kebangsaan mengadu ke  Majelis Ulama Indonesia dan memicu pertanyaan ke KPK.

 Sebanyak 12 pegawai KPK bersilaturahmi dengan Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi K.H. Abdullah Jaidi dan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah K.H. M. Cholil Nafis di MUI Pusat di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021). (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Sebanyak 12 pegawai KPK bersilaturahmi dengan Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi K.H. Abdullah Jaidi dan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah K.H. M. Cholil Nafis di MUI Pusat di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021). (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang gagal tes wawasan kebangsaan mengadu ke  Majelis Ulama Indonesia. Menanggapi barisan pegawai gagal TWK itu, MUI mempertanyakan keahlian dan kebangsaan KPK.

Sebanyak 12 pegawai KPK itu bersilaturahmi dengan Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH Abdullah Jaidi dan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah K.H. M Cholil Nafis di MUI Pusat di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021). Seusai pertemuan, Cholil mengatakan kehadiran para pegawai itu dalam rangka mengadukan proses seleksi TWK.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Kerap Lari dari Tanggung Jawab

Menurutnya, mereka mempertanyakan pembedaan yang diterapkan di KPK dibandingkan lembaga lain. Untuk menjadi ASN di KPK, pegawai masih harus menjalani TWK, sedangkan di lembaga lain seperti Komnas HAM tidak perlu. Pegawai di Komnas HAM langsung menjadi ASN tanpa TWK terlebih dahulu.

"Pegawai KPK tersebut juga menceritakan bahwa mereka sudah banyak yang bekerja selama belasan tahun dan bahkan tidak pernah kesandung masalah etik, ’’ jelas Cholil, usai pertemuan.

Cholil menambahkan, kehadiran pegawai KPK itu ke MUI juga untuk mempersoalkan materi TWK. Soal-soal dalam TWK disebut tidak mencerminkan keahlian bahkan tidak mencerminkan kebangsaan.

Siapkan Tanggapan Resmi

Selain itu, sambung dia, para pegawai KPK itu juga menceritakan bahwa mereka tidak nyaman dengan banyaknya serangan termasuk berbagai fitnah yang ditujukan mulai dari Taliban sampai anti-NKRI. Untuk itu, Cholil akan mencoba membawa masalah tersebut ke dalam Rapat Pimpinan Harian MUI sehingga nantinya akan muncul tanggapan resmi dari MUI.

"Kita akan bawa masalah ini ke dalam rapat Pimpinan Harian MUI untuk memastikan langkah apa yang akan diambil MUI, ’’ ujar dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Sejoli Tipu-Tipu Arisan Online Investasi, Gunakan Selebgram untuk Gaet Peserta

Setiap anggota harus mengikuti arisan mulai Rp1 juta sampai Rp15 juta agar bisa ikut skema investasi.

Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik Ditarget Selesai sebelum Jokowi Lengser

Kerja sama investasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia dilakukan dengan dua negara yaitu LG Chem asal Korea Selatan, dan CATL asal China.

Setahun, Harta Wagub Naik Hampir Rp40 Miliar, Koleksi 72 Unit Kendaraan

Jika dihitung, kekayaan Ijeck dalam setahun, 2019-2020, naik sekitar Rp39,7 miliar.

Salut! Polisi Madiun Angkat 100 Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Dari 166 anak yatim piatu korban Covid-19, 100 di antaranya diangkat menjadi anak asuh anggota Satlantas Polres Madiun Kota.

Chopperland Jokowi Menghilang dari LHKPN, Kok Bisa?

Pada LHKPN terbaru, Jokowi tercatat memiliki alat transportasi dan mesin sebanyak 8 unit.

Haduh! Dua Cincin Nyangkut di Alat Kelamin Suami, Kok Bisa Sih?

Waduh seorang suami di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena alat kelami atau penisnya tersangkut dua buah cincin.

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Buntut Buka-Bukaan Soal Gaji, Krisdayanti Dipanggil Fraksi PDIP, Diberi Sanksi?

Krisdayanti dipanggil Fraksi PDIP DPR RI untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataannya soal gaji DPR yang membuat heboh.

Kapal Pengayoman IV Milik Kemenkum HAM Terbalik di Cilacap, 2 Meninggal 5 Selamat

Kapal Pengayoman IV milik Kemenkum HAM terbalik di Cilacapn karena embusan angin kencang yang membuat kapal terbalik.

KPK Rilis Barang Bukti dan Tersangka OTT Kalimatan Selatan

Barang bukti uang senilai Rp345 juta