Kategori: Sragen

Terhubung ke Air Mancur Kembar, Panel Listrik di Alun-Alun Sragen Terbakar


Solopos.com/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN — Sebuah panel listrik di Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen, Jawa Tengah, Rabu (2/12/2020), terbakar setelah terdengar suara ledakan. Kebakaran di panel listrik yang terhubng ke air mancur di Alun-Alun Sragen itu langsung ditangani PLN setelah dilakukan tindakan darurat oleh pegawai Pemkab Sragen.

Panel listrik tersebut merupakan panel untuk menggerakan air mancur kembar di alun-alun tersebut. Beruntung kebakaran panel itu bisa diketahui sehingga segera dilakukan tindakan cepat.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Sragen R. Suparwoto berjalan kaki dari kantor dinasnya seraya berkomunikasi lewat ponselnya menuju alun-alun setelah menerima laporan itu. Jarak Kantor Disperkim dengan Alun-alun hanya sekitar 200 m.

Monyet Ekor Panjang Bantu Emak Cuci Pakaian Bikin Gemas Netizen

Woto—sapaan akrabnya—hanya melihat dari jarak lima meter karena berisiko. Sejumlah petugas pemeliharaan alun-alun juga datang dan menjelaskan kondisi itu kepada Woto. “Panel ini merupakan panel untuk mengatur dua air mancur di Alun-alun ini,” kata Woto.

Sejumlah pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) Sragen juga memantau dari seberang jalan depan Kantor Dinas Bupati Sragen. Mereka sempat menghubungi petugas dari PLN belum bisa terhubung.

Ditangani PLN Sragen

Api pun merembet membakar jaringan kabel di bawah panel yang terhubung dengan air mancur di Alun-Alun Sragen itu. Material pembungkus kabel pun sudah meleleh. Akhirnya, Woto berhasil terhubung dengan Manajer Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Sragen Mahfud Sungadi.

Sembari menunggu petugas PLN datang, Woto meminta anggota staf Bagian Umum Sekretariat Daerah Sragen untuk mengambil dua tabung alat pemadam api ringan (APAR) untuk memadamkan api.

Mobil Listrik Baterai Toyota Meluncur Hari Ini, Ini Dia Bocorannya...

Dua petugas keamanan dan pegawai Bagian Umum Sekda Sragen datang membawa APAR. Seorang petugas keamanan langsung menyemprotan gas APAR pada panel yang terbakar. Dalam waktu singkat api pun padam.

Sesaat kemudian, Manajer ULP PLN Sragen Mahfud Sungadi datang bersama pegawainya. Ia menganalisis lokasi itu dan langsung mengambil tindakan untuk memutus jaringan listrik sementara untuk perbaikan panel itu.

Akhirnya petugas PLN memperbaiki panel itu sehingga bisa berfungsi kembali. “Untuk bisa diketahui. Kalau tidak bisa berbahaya karena bisa mengakibatkan korsleting dengan tegangan tinggi,” ujar Woto saat berbincang dengan Espos di Alun-alun Sragen.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono